Tuesday, May 30, 2017

Belajar Servis HP Untuk Pemula

Memiliki smartphone android sudah suatu keniscayaan bagi semua orang yang melakukan kontak sosial. Anda sendiri mungkin salah satu orang yang setiap pagi mengusap layar smartphone sebagai kegiatan pertama kali. Meskipun berlebihan, tapi itu faktanya. Tidak memiliki uang untuk makan kadang tidak lebih buruk daripada kehabisan kuota internet atau smartphonenya rusak. Jika sudah sangat kepepet, tidak sedikit orang memilih membeli smartphone abal-abal di pasar loak atau via online. Yang diutamakan tentu harga murah. Prioritas saat smartphone rusak adalah ‘yang penting masih bisa buat komunikasi.’ Nah, dengan banyaknya orang ketergantungan pada smartphone, akan sangat besar keuntungan Anda bila menjadi para pemberi solusi. Memulai belajar servis HP Android pasti suatu saat akan berguna. Apalagi beberapa android memang diciptakan sekadar bisa dibuat komunikasi, bukan kualitas tahan banting, tahan air, tahan bobolan cyber crime maupun kelebihan lain yang hanya dimiliki OS selain android dan android keluaran terbaru.

Belajar Servis HP Untuk Pemula

Belajar servis HP secara otodidak ternyata tidak begitu sulit. Ilmu apapun selama masih bisa diraba, dibaca dan dipraktekkan langsung pasti akan terasa lebih mudah daripada sekedar dibayangkan saja manfaatnya. Suatu saat nanti mungkin Anda atau teman Anda terpaksa membeli android yang tidak memiliki service center di kota tempat Anda tinggal. Pada waktu seperti itulah, ilmu Anda akan berguna bahkan menjadi peluang bisnis baru. Jika Anda ingin memulai belajar servis HP Android mulai sekarang, maka pergilah mencari beberapa alat dan bahan di bawah ini sebagai komponen dasar sebelum praktek.

Alat Alat Service Handphone


1-Lotfet
Pasta solder digunakan untuk mengikis timah supaya daya kerja mematikan komponen lebih menyingkat waktu.

2-Timah
Terdiri dari timah cair dan padat. Timah ini dipakai sebagai pematri komponen ke PCB. Kaki IC BGA kebanyakan dicetak oleh timah cair tersebut.

3-Cairan Songka
Ketika berlangsung proses blow dengan solder uap, cairan songka akan melindungi komponennya dari pemanasan yang terjadi sekaligus mengangkat komponen pada PCB.

4-Cairan IPA
Kepanjangannya yaitu Iso Propanol Alkohol. Cairan tersebutlah yang membersihkan cairan songka maupun pasta yang biasanya masih tertinggal di PCB.

5-Kawat Jumper
Bentuknya tidak jauh beda dengan kawat secara umum. Hanya saja diameternya lebih kecil dengan lapisan plastil email. Kawat jumper biasa diamanfaatkan untuk menyambung kembali keputusan rangkaian di PCB.

6-AVO Meter
Pengecekan gangguan pada android akan dilakukan pertama kali oleh AVO Meter. AVO meter akan menunjukkan indikator besaran muatan arus listrik dengan jarum penunjukknya. Hantaran arus tegangan listrik juga bisa dicek menggunakan alat ini.

7-Power Supply
Supply yang diberikan memang menjadi pengganti baterai. Power Supply biasa dipakai untuk mengetahui titik tegangan ketika hendak mendeteksi komponen yang terganggu.

8-Obeng dan Pinset
Membuka casing pada android, mengutak-atik kerangka smartphone dan bongkar pasang alat elektronik lainnya pasti membutuhkan kedua alat bantu ini supaya tidak terjadi kerusakan maupun kesulitan.

9-Hot Air
Solder uap atau hot air akan menghasilkan uap panas yang dipakai mengangkat serta memasang lagi komponen pada posisi semula.

10-Pisau IC
Kalau casing android ketepatan memerlukan alat super tipis, pisau IC mungkin akan membantu. Saat proses pencetakan kaki IC, Anda juga bisa menggunakannya ketika meratakan timah.

11-Solder Pilamen
Patrilah timah padat ukuran standar dengan solder pilamen.

12-Pelat
Nama lainnya adalah BGA Tool. Alat ini memakai penjepit handphone sebagai landasannya ketika mereparasi maupun mencetak kaki IC.

13-Box Repair
Jika androidnya nge-flash akibat serangan software, Anda pasti membutuhkan box repair. Ada beberapa merk terkenal seperti Ultima dan Jaf yang biasa dipakai tukang service handphone.

14-Frequency Counter
Gunanya adalah mengukur detak clokc yang merupakan hasil dari gabungan crystal pembentuk frekuensi listrik.

15-Lampu Lensa Pembesar
Seringkali mata tiba-tiba tidak fokus ketika mereparasi komponen kecil. Dengan alat inilah kerja mata Anda akan tetap fokus.

Sediakan dulu alat dan bahan di atas sebelum bereksperimen menjadi tukang service HP Android di rumah. Belajar otodidak bukan berarti minim praktek, ya. 👍


EmoticonEmoticon