Tuesday, May 30, 2017

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root
Random Access Memory atau biasa dikenal dengan istilah RAM yaitu komponen dalam android yang tugasnya menjalankan aplikasi. Kerjanya memakai proses komputasi di prosesor. Sangat tidak mungkin sebuah smartphone dapat dioperasikan tanpa RAM. Pentingnya posisi RAM inilah yang kemudian menjadikan jumlah aplikasi bergantung pada besaran RAM. Tidak jadi masalah memang bagi Anda yang memiliki cukup uang untuk membeli android keluaran baru di setiap update edisinya. Sayangnya, masalah selalu muncul dari orang-orang yang kekurangan. Beberapa smartphone versi lawas hanya memiliki RAM 1 GB bahkan kurang dari setengahnya. Sehingga membuat kita memutar otak supaya bisa menemukan cara menambah RAM android. Pertemanan di sosial media dan chat semakin banyak, tapi kapasitas RAM menyempit. Lalu bagaimana cara menambah RAM android dengan memori internal? Jangan kesal dulu. Sebentara lagi kita akan menyelesaikan masalahnya.

Cara Paling Mudah Menambah RAM Ponsel Android Tanpa Root


Kalau mau cara paling mudah, ya jangan membuat smartphone multitasking alias mengoperasikan banyak aplikasi dalam waktu sama. Namun itu adalah hal konyol bagi pengguna smartphone. Wajar saja jika kemudian Anda sebal dengan smartphone android yang sering hang atau bertambah lambat.
Apabila android Anda ketepatan bermerk Advan, Evercross, Xiaomi, Asus Zenfone, LG, Sony, Smartfren, Lenovo atau Samsung, tak ada salahnya mencoba cara menambah RAM tanpa root di bawah ini.

1.RAM Control eXtreme Pro

Cari saja di playstore. Aplikasi ini bisa diinstall gratis. Kalau sudah, pilih RAM booster dan tap pada ‘Boost RAM’. Ini akan menaikkan kapasitas RAM. Supaya prosesnya dapat berjalan dalam beberapa waktu, Anda bisa memilih ‘Start’ kemudian klik ‘Auto RAM Booster’.
Matikan saja aplikasi yang penting dengan memasukkannya ke white list. Sementara aplikasi yang sebenarnya tidak begitu Anda butuhkan bisa dimati surikan dengan tab Task Killer.

2.<2 GB RAM Booster

Meskipun terbilang pendatang baru di dunia penambah RAM, <2 GB RAM Booster sudah memasuki jajaran aplikasi terbaik. Coba download dulu di playstore lalu install. Tampilan yang muncul pertama kali adalah gambar prosesor dengan tulisan ‘Boost’ di tengah. Klik saja tulisan itu dan tunggu prosesnya selesai.

3.Swapper

Setelah tertanam di android Anda, langsung aktifkan menu ‘Active Swap on Boot’. Nah, nanti di bagian Swap File Position, Anda harus pilih opsi ‘SD Card FAT Partition.’ Kapasitas memori virtual yang ingin diperbesar bisa diisikan di bagian Swap File Size. Jangan lupa menyimpan pengaturan tadi supaya Swapper mulai bekerja.

4.Smart Booster

Aplikasi smart booster tergolong lebih enteng dibandingkan yang lainnya. Setelah diinstall, klik ‘start now’. Masuklah ke setting lalu pilih boost level. Di sini Anda bisa mengubah jenis RAM Boost sesuai level yang Anda inginkan. Nama levelnya cukup gahar. Mulai dari yang terendah gentle, dilanjut medium, strong dan tertinggi aggressive.

Pastikan apa yang Anda pilih di Boost When Screen Off dalam kondisi sudah dicentang dan di bagian Delay To Boost When Screen Off kondisinya immediately. Jika semuanya telah beres, kembali ke home alias menu utama. Di sana ada roket kecil yang bisa Anda temui. Sentuh dia dan sekarang RAM Anda akan terasa semakin lebar.

Kesimpulan:

Keempat aplikasi di atas hanyalah pihak ketiga. Jika Anda masih merasa tidak ada efek apapun setelah memasangnya, mungkin saja android Anda memerlukan root terlebih dahulu supaya merasakan efeknya.


EmoticonEmoticon