Monday, May 15, 2017

Enkripsi End-To-End Mengamankan Percakapan Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap

WhatsApp baru-baru ini mengumumkan bahwa aplikasi ini lebih disempurnakan dengan mengutamakan untuk lebih dapat mengenkripsi layanannya. Itu artinya jika Anda salah satu dari pengguna whatsapp sebaiknya melakukan update ke versi terbaruny karena dengan Memiliki versi terbaru WhatsApp sama dengan mengutamakan kemananan dalam berkomunikasi dengan bantuan teknologi keamanan sederhana yakni end-to-end sehingga pesan tidak disadap atau dibaca saat sedang disampaikan. Hebat kan? Nah, enkripsi ini akan memastikan bahwa pesan yang dikirim hanya dapat diakses oleh pengirim dan penerima.Hanya Anda dan dia dan tidak ada lagi orang ketiga yang bisa menyadap Anda.

Bagaimana Cara Kerja Layanan Baru Dari WhatsApp?

 

  1. Memastikan bahwa hanya pengirim dan penerima yang dapat melihat pesan yang berisi teks, gambar, video atau suara.
  2. Melindungi pesan dengan kunci pengaman
  3. Setiap pesan yang Anda kirim memiliki kunci yang unik.
  4. Dan beberapa fitur keamanan lainnya.

Jadi cara kerja system enkripsi ini benar-benar bersifat end-to-end yang artinya mengamankan data berkirim pesan para penggunanya tanpa harus takut data tersebut disadap oleh pihak ketiga.
Sebenarnya , enkripsi end-to-end ini sudah ada sejak tahun 2014 lalu. Namun baru bisa dinikmati oleh para pengguna android saja dan mulai saat ini, keamanan dengan enkripsi end-to-end sudah bisa digunakan untuk semua platform.

Lebih serunya lagi, end-to-end ini tidak hanya tersedia untuk mengamankan data chatting antara dua orang yang berkirim pesan saja, tapi juga berlaku untuk group chat, voice call, voice note, attachment seperti video atau foto, dan masih banyak lagi yang lainnya

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah WhatsApp Anda Sedang Disadap?


Caranya sederhana saja, dan berikut wawasan Anda untuk dapat mengetahui apakah percakapan Anda sedand disadap

Cara mengetahui Apakah Percakapan WhatApp Disadap Atau Tidak

Caranya tekan nama kontak yang sedang Anda ajak berkomunikasi maka WhatsApp akan menampilkan notifikasi “diamankan dengan enkripsi end-to-end” Sedangkan untuk versi lama justru tidak menampilkan notif tersebut.

Untuk memverifikasi lebih lanjut, Anda dapat menekan “diamankan dengan enkripsi end-to-end” pesan dan dapat melihat kode QR dan sejumlah 60 digit. Ini juga mungkin bagi orang yang berbicara lebih dengan Anda, Whatsapp memindai kode QR atau membandingkan jumlah 60 digit.

Jadi item apa dari WhatsApp yang disadap? Apakah cuma panggilan suara saja?

Setiap jenis media yang pengguna kirimkan menggunakan WhatsApp dienkripsi dan dapat diamankan seperti data video, audio, gambar,file dan teks.

Info Andro Lainnya:

Lanjut...
WhatsApp panggilan seperti pesan lainnya dienkripsi juga yang berarti bahwa WhatsApp dan pihak ketiga tidak bisa mendengarkan percakapan Anda.

Bagaimana cara kerja enkripsi dalam group WhatsApp?

Chatting group hanya akan dienkripsi jika semua pengguna pada kelompok yang pada versi terbaru dari aplikasi.

Apakah ada alasan untuk khawatir?

Baik untuk sebagian besar pengguna tidak, tapi untuk badan keamanan mungkin menemukan langkah yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Enkripsi membuat sulit bagi penegak hukum dan lembaga investigasi di seluruh dunia serta di Indonesia.


EmoticonEmoticon