Thursday, May 11, 2017

Cara Mengatasi Baterei Ponsel Yang Kena Air

Kadang tanpa sengaja entah Anda sedang melakukan apa sehingga ponsel Anda terendam air,hal ini tentu akan sangat merepotkan Anda mengingat bahwa sebuah ponsel yang kena air tentu resikonya 99% mengalami kerusakan sedangkan sisa yang 1% itu hanya keberuntungan saja jika hp itu tidak rusak. kerusakan ponsel yang kena air seketika terjadi karena terjadi arus singkat antara + dan - arus listrik yang disuplay oleh baterei ponsel sehingga menyebabkan korsleting pada sirkuit atau jalur yang dialiri listrik didalam ponsel tersebut.

Jadi jangan heran ketika ponsel Anda terendam air segera mengalami kerusakan
Jadi jangan heran ketika ponsel Anda terendam air segera mengalami kerusakan. Tapi, kita tidak bahas mengenai itu. Yang kita bahas sekarang adalah tentang baterei ponsel nda yang terkena air.

Apa Yang Menyebabkan Baterei Kena Air ?


Hal ini bisa terjadi karena sesuatu hal,utamanya jika Anda teledor membuka baterei dari ponsel kemudian mendekatkan dengan sebuah wadah yang berisikan air lalu kemudian tanpa sadar baterei tersebut masuk ke wadah itu atau beberapa penyebab lainnya semisal Anda menyimpan baterei ponsel Anda didalam kantong celana ( biasa terjadi ) dan saat itu tiba-tiba hujan dan Anda kebasahan alahasil baterei itupun kena air.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Baterei Kena Air ??


Bagaimana mengatasi Ponsel Baterai bila terkena air ?Memang hal ini menjadi pertanyaan yang wajar bagi sebagian pengguna ponsel untuk mengetahui apa saja pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika baterei terendam air karena jika tidak segera diatasi akan merambah dan membuat baterei itu semakin mengalami kerusakan dan berujung tidak dapat digunakan lagi. Apalagi jika baterei itu sifatnya non removable ( Jenis Baterei Include ) pasti akan sangat susah untuk dibersihkan airnya. Tapi bukan berarti tidak bisa diatasi atau segera dibenahi karena segaka sesuatunya selalu saja ada jalan keluarnya.

Nah, bagaimana bila baterei ponsel telah terlanjur kemasukan air ? apa yang mesti dilakukan ? berikut solusi dari permasalahan Anda.

Berikut Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Baterei Ponsel Terendam Air


Berikut dibawah ini beberapa tips yang akan saya bagikan sesuai dengan pengalaman saya menhadapi baterei jika kena air. hal ini juga berhubungan lansung pada ponsel yang sempat terendam dan ingin segera dibenahi. Simak baik baik tipsnya.....

1#  Matikan Ponsel

Yang paling utama yang harus Anda lakukan bila ponsel baru saja terkena air adalah memutuskan aliran listrik dengan mematikan ponsel Anda. segera buka cashing ponsel dan cabut segera batereinya kemudian lap batereinya menggunakan kain halus dan bagus daya serapnya. Pada sesi ini Anda sebaiknya jangan terburu-buru menyalakan ponsel Anda walaupun hal itu hanya sekedar ingin tahu apakah ponsel sudah bisa menyala atau tidak. sebaiknya Anda pastikan bahwa semua air sudah keluar, dan langkah berikutnya seperti dibawah ini....

2# Jemur Ponsel

Posisikan ponsel secara tegak lalu kemudian ponsel tersebut Anda jemur. Patikan posisinya tegak dan tidak bari karena jika posisinya baring maka air yang ada didalam ponsel itu tidak akan keluar justru merembes ke sesemua komponen didalamnya dan terjadi genangan jadi pastikan posisi tegak dan jemur dibawah terik matahari. Anda juga bisa menggunakan alat pengering rambut ( Hair dryer ) dengan mengeringkan ponsel dan batereinya menggunakan pengering tersebut. sambil dikeringkan coba Anda kibas2kan baterei itu agar semua air yang tersisa bisa keluar dari dalam baterei maupun ponsel tersebut. Jangan dinyalakan dulu.... ikuti langkah berikutnya dibawah ....

3# Rendam Ponsel Kedalam Beras

Untuk memastikan bahwa totaly air yang ada didalam benar-benar sudah tidak ada maka sebaiknya Anda rendam body ponsel beserta batereinya kedalam beras. Mengapa ? Karena beras mengandung sumber hangat alami dan Anda bisa manfaatkan hal tersebut untuk membereskan sisa uap yang membuat kelembaban dalam ponsel Anda. Jenis kelembaban ini dapat dilihat biasanya muncul pada layar ponsel berbentuk binti2 kecil menyerupai genangan air. Nah, beras ternyata bisa mengatasi itu.

Silahkan rendam dalam kurun 1 - 2 jam lalu setelah itu Anda bisa mencoba untuk menghidupkan ponsel Anda. Seharusnya ponsel Anda sudah menyala dan kembali normal. Jika hal itu tidak terjadi, jika ponsel belum bisa menyala maka tindakan selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah membawa ponsel Anda ke tukang service terdekat dan terpercaya dan jelaskan kabar buruk tersebut agar kiranya tukang service dapat segera mengambil tindakan yang tepat dan dia bisa mengerjakannya secara cepat akrena sudah tahu titik permasalahannya.


EmoticonEmoticon