Thursday, June 1, 2017

7 Alasan Mengapa Ponsel China Harganya Murah

7 Alasan Mengapa Ponsel China Harganya Murah
Anda boleh saja menganggap barang buatan China pasti kualitasnya abal-abal. Tapi Anda tidak bisa menutup mata bahwa ternyata setelah brand dunia sekelas Samsung dan Apple menempati urutan pertama dan kedua dunia, urutan selanjutnya sampai ke-10 diduduki oleh vendor besutan negeri Panda. Harga HP android paling murah di bawah 500 ribu banyak dikeluarkan oleh perusahaan China. Uniknya, mereka tidak hanya menembak pasar masyarakat menengah ke bawah, Namun juga middle class, sampai high class. Semuanya disasar dengan spesifikasi menyamai vendor kelas dunia lain tapi banderol harganya pasti jauh lebih murah dibandingkan merk negara lain. Apakah kemudian produk dari China sudah pasti illegal dan hanaya berkualitas ‘peniru’? Tidak juga.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, China mendominasi peringkat merk HP android terbaik 2017 dan beberapa tahun ke belakang. Bahkan negara ini bisa menghadirkan HP China termurah 100 ribuan yang fungsinya cukup untuk komunikasi dan terkoneksi dengan internet. Lalu sampai di sini Anda masih saja bertanya-tanya kenapa HP China lebih murah dibandingkan merk dari negara lain? Apakah ada permainan politik atau prinsip ekonominya belum diketahui banyak orang? Daripada hanya menebak-nebak, simak saja ulasan di bawah ini.

1.Tidak Impor

Kunci murahnya suatu produk adalah menghasilkan barang bakunya di dalam negeri. Begitu pula dengan China. Dunia memiliki 17 bahan baku utama yang langka bagi industri elektronik dan China sudah memiliki 16 dari 17 itu. Dari sini saja pasti biaya faktor produksi bisa berkurang banyak.

2.Memanfaatkan IT

Tujuannya memang memassalkan produk. Jika Apple dan Samsung selalu berusaha hadir secara fisik di kota-kota besar di mana para pelanggan berada, produk China lebih memilih marketing dan pelayanan secara online saja. Tentu saja biaya membangun kantor fisik, pusat service center dan beberapa gerai resmi di banyak titik dunia akan jauh membutuhkan biaya banyak dibandingkan hanya menyusun strategi marketing online. Bisa melalui website, iklan google, situs jual beli antar negara sampai email marketing. Semuanya diterapkan oleh produk keluaran China.

3.Spesifikasi

Para penikmat smartphone biasanya hanya melihat spesifikasi dari luarnya saja. Beda dengan orang IT yang selalu kritis mempertanyakan detail spesifikasi yang ditawarkan. Orang IT pasti akan memilih RAM versi DDR4 yang meskipun harganya lebih mahal, tapi kualitas dan kapasitasnya dijamin lebih handal dibandingkan RAM versi DDR3. Mereka yang berorientasi pada kualitas akan selalu ingin tahu jenis dan mutu kondensator maupun komponen lain dalam smartphone. Sementara pabrik China cuek saja menyasar orang yang ingin mengandalkan gaya dan ‘yang penting sudah bisa dipakai.’

4.Gaji Pegawai

Salah satu faktor produksi yang akan mempengaruhi harga jual suatu produk adalah gaji pegawai. Anda harus tahu bahwa China merupakan negara dengan upah pekerja terendah sedunia. Jadi tak usah bingung mengapa harga produk mereka juga selalu lebih rendah dibanding negara lain.

5.R&D

Research and Development bukanlah prioritas bagi vendor China. Yang mereka pikirkan adalah bagaimana cara menjual barang sebanyak mungkin. Itulah alasan mengapa sekali merk dari China mengeluarkan fitur A, maka mereka akan mulai berfokus pada marketingnya dibandingkan mengurusi departemen R & D supaya bisa menghadirkan inovasi baru pada edisi selanjutnya. Kebanyakan dari mereka akan mengubah atau menambah fitur jika trend di dunia sedang mengikuti ponsel dari vendor terkenal seperti inovasi Apple dan Samsung yang cenderung unik. Keunikan ini akan menambah nilai harga jual dan itu yang tidak dimiliki oleh vendor China.

6.Marketing

Para vendor China tidak segan-segan mengeluarkan biaya besar untuk marketing internet. Mereka sangat menyukai cara kerja internet yang dapat menembus ruang dan waktu hanya dalam tempo singkat. Bukan gaya mereka jika mau mengeluarkan dana besar hanya untuk menyewa bintang iklan, super model, dan membiayai sponsor di setiap negara target pemasaran.

7.Menguntungkan

Mengajak teman berbisnis tentunya harus sudah punya kelebihan yang bisa ditawarkan. Jika Anda menjadi penjual lokal, Anda mungkin akan lebih tertarik bekerjasama dengan China dibandingkan menjual kembali produk Samsung dan Apple. China banyak memberikan potongan harga lebih besar bagi pihak lokal yang mau memajang logo produk smartphonenya di gerai toko. Memajang bukan berarti gerai resmi.

Namun dengan cara ini, percaya atau tidak masyarakat lokal melihat banyaknya logo dan toko yang nuansanya produk tertentu buatan China semakin penasaran dengan barangnya.
Jadi, karena ketujuh faktor itulah produk elektronik buatan China selalu lebih murah dibandingkan buatan dalam negeri bahkan negara-negara maju sekalipun.

Sekarang Anda dapat memilih bertahan pada kualitas atau hanya mengikuti pokok-pokok poin spesifikasi standar tanpa berpikir kualitas jangka panjang. Silahkan memilih.


EmoticonEmoticon