Monday, June 5, 2017

Apa Itu Root dan Efeknya?

Berbeda dengan iPhone, Android kebanyakan memakai sistem operasi terbuka seperti Windows . Open sourcenya ini menjadi celah bagi Anda yang ingin mengembangkan HP supaya bisa dikustom sesuai keinginan sendiri. Anda dapat mencapainya dengan melakukan root dibantu aplikasi buatan bernama KingRoot atau FramaRoot. Anda pasti sudah mendengar istilah root sebelum bertemu artikel ini. Tapi tidak semua orang tahu betul apa itu root dan bagaimana dampak setelah melakukannya?

Root adalah hak akses paling tinggi yang dimiliki oleh administrator agar bisa mendapatkan akses secara penuh dalam mengendalikan semua program inti yang ada di dalam model CLI atau Command Line Interface. Nah, kalau root di android itu sama dengan melakukan hacking pada sistem operasi supaya Anda punya akses penuh terhadap akun root itu tadi. Dengan root kita bisa diberi akses untuk melakukan apa saja terhadap HP android dan sistem operasinya. Anda bisa melakukan kustomisasi apapun pada file di dalam HP yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh android yang belum diroot karena merupakan kewenangan pabrik.

Berikut Efek Melakukan Root Ponsel Android

Apakah root memberi efek baik pada android? Jawabannya tergantung user itu sendiri. Sebelum rooting Anda harus punya tujuan. Percuma diberi hak penuh bila kemudian tidak ada yang ingin dikustom. Lagi pula ketika Anda sudah melakukan root, maka garansi resmi sudah hilang dari HP android Anda. Jadi manfaatkan daripada Anda sendiri merugi. Melakukan editing latar belakang, mengatur lampu flash, sampai mengamankan HP biasanya menjadi tujuan dari rooting. Firmware dalam bahasa sederhananya dinding pembatas antara administrator dengan user akan runtuh seiring selesainya proses rooting. Kemudian kita bisa melakukan apa saja pada android.

Kalau di produk besutan apple root ini diberi nama jailbreaking. Nantinya ketika ada kerusakan di hardware lalu Anda ingin klaim garansi, Anda bisa mengembalikan HP ke kondisi normal dengan melakukan flash ROM yang ada di situs resmi pabrik. Sehingga proses unroot ini nanti bisa menghapus jejak kejahilan Anda dan klaim garansi bisa didapatkan lagi.

Berikut Efek Melakukan Root Ponsel Android


Untuk HP Android, Anda bisa mendapat banyak keuntungan seperti:

1.Hak

Pengaturan dalam kondisi normal memiliki batasan tertentu. Terutama yang berhubungan dengan sistem operasi. Anda dilarang mengutak-atiknya karena dikhawatirkan akan terjadi kegagalan yang justru berdampak buruk pada android. Namun bagi para penyuka tantangan, mengutak-atik sistem operasi agar bisa mengupdate, menghapus atau menambahkan sesuatu ke dalam settingan HP membutuhkan hak akses penuh dari android. Ini bisa didapatkan hanya setelah Anda menyelesaikan proses root dengan lancar.

2.Smooth

Percaya atau tidak, ponsel Anda justru bekerja lebih cepat dibandingkan sebelum proses root. Prosesornya akan bekerja lebih baik. Sehingga root juga solusi yang baik bagi Anda yang Hpnya sudah sangat lelet seperti jalannya bekicot jika dipaksa melakukan multitasking.

3.Pelebaran Memori

Link2SD dan Mount2SD menjadi aplikasi pihak ketiga yang banyak dipakai setelah orang punya akses root di androidnya. Kedua aplikasi ini bisa memindahkan aplikasi yang sebelumnya mengharuskan berjalan di internal. Pun hanya dengan akses root dan aplikasi tersebut kita bisa melakukan partisi pada memori eksternal agar lebih luas digunakan sebagai penampung aplikasi, bukan lagi file foto atau video. Bebas main game, bebas mengisi aplikasi.

4.Backup

Kalau terjadi apa-apa, Anda masih bisa menemukan file yang sebelumnya berada di memori internal di dalam mini card atau PC. Tinggal pakai aplikasi Samsung Kies saja, Anda sudah bisa memindah semua isi HP ke PC pada saat menyambungkan keduanya.

Dampak positif rooting tadi jangan sampai berakhir error. Untuk mengantisipasinya, lebih baik Anda pakai HP yang mendekati habisnya masa garansi. Sehingga Anda tidak rugi banyak bila terjadi kegagalan rooting. Peforma HP tidak menurun dan tidak ada juga serangan virus bertubi-tubi.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon