Friday, June 9, 2017

Cara Charge Baterai Android Yang Benar

Cara Charge Baterai Android Yang Benar
Punya HP tapi baterainya rusak atau bahkan tak memiliki baterai sama saja mengoleksi macan yang sudah mati. Sehebat apapun kelas smartphone Anda kalau terjadi masalah pada nyawanya maka smartphone menjadi tidak berguna kecuali jika dijual, masih bisa menghasilkan uang. Maka, Anda harus memastikan smartphone memiliki daya tahan baterai bagus. Mulai dari mencegahnya sampai merawatnya. Tips konvensional memanjangkan umur baterai cukup menyusahkan pengguna android. Anda harus mematikan aplikasi tertentu dan beberapa perintah lain yang membatasi ruang gerak. Oke, kali ini Anda bertemu dengan artikel yang tepat.

Berapa Persen Baterai Android Harus di Charge


Sekarang simak cara mengecharge ideal supaya baterai Anda berumur panjang,cara pengisian baterai hp yang benar, cara mencharge hp android baru

1.Bertahap

Ibarat lari, yang bukan atlet tentu benci diajak lari maraton. Mengisi daya yang benar justru tidak langsung dari 0 menjadi 100. Tetapi Anda mulai dari 30 atau 40 kemudian dikalikan dua, berarti berhenti di 60 atau 80. Baru kemudian Anda bisa mengisi lagi tahap kedua sampai penuh.

2.Suhu

Meskipun tempat tinggal Anda suhunya sudah normal, baterai Anda tetap akan kehilangan ketahanan setidaknya 20% per tahunnya. Hal ini alamiah saja. Yang perlu diingat, kalau pada suhu normal saja berkurang bagaiman jika suhunya terlalu dingin atau panas? Ya tentu kurang bagus bagi baterai. Ketika Anda sedang bermain di lapangan saat matahari masih bersinar garang sebaiknya tidak usah membawa android. Taruhlah di dalam tas Anda. Bila Anda memaksakan diri, Anda dapat mengecek temperaturnya. Apakah lebih cepat panas dari biasanya? Hanya dalam beberapa menit saja biasanya baterai akan cepat bereaksi, tergantung seberapa panas cuacanya. Begitupun dengan dingin, jangan biarkan baterai Anda merasakan dinginnya kulkas atau AC terlalu lama.

3.Selalu Isi

Punya HP yang hampir selalu dipakai multitasking membuat kita hampir tidak sadar kalau baterainya sudah mendekati kekosongan. Kadang malah kegiatan kita belum berhenti jika baterai belum benar-benar habis atau HP android mati sendiri. Seharusnya Anda tidak boleh egois seperti itu. Android juga punya waktu istirahat dan batasannya dalam bekerja. Idealnya, Anda wajib menhubungkan charger dengan terminal kuningan bila baterai berada di angka 40%an. Batasan ini lebih baik daripada Anda ikuti batasan dari android, yaitu 15%.

4.Jangan Egois

apakah hp harus dimatikan saat di charge ? Lagi-lagi, nyawa smartphone sama dengan nyawa manusia. Selalu punya batasan tertentu. Anda tidak boleh hanya mau menang sendiri memakai smartphone sepanjang hari tapi tidak ingin merawatnya.
Merawat baterai smartphone bisa berarti sering mengecek kondisi fisiknya. Curigalah bila kinerjanya menurun. Jangan-jangan baterai Anda sudah tidak segar lagi penampilannya. Hal ini mengindikasikan terjadi sesuatu buruk pada baterai. Kalau memang sudah mentok, Anda harus mau mengeluarkan uang demi baterai baru. Jangan menunggu meledak atau menggelembung.

5.Charger

Terakhir, selalu gunakan charger original apapun merk HP Anda dan apapun sistem operasinya. Charger original memiliki ukuran dan daya yang pas dengan HP Anda. Memakainya sudah otomatis memperpanjang umur baterai.

6.Kabel

Jangan sampai ketika mengecharge kabelnya tidak lurus. Selain tidak baik untuk charger itu sendiri, kabel yang tidak lurus tidak akan lebih cepat dalam mengisi daya.

7.Langsung Ke Listrik

Banyak pengguna android yang masih suka mengecharge di laptop. Memang daya akan lebih cepat masuk. Tapi itu hanya tampaknya saja. Dalam jangka panjang, model begini malah merusak baterai. Jadi langsung tancapkan pada terminal kuningan atau colokan listrik di tembok.

7 Tips Mengecharge secara optimal telah dipaparkan. Apakah Anda punya saran lain yang dapat memperpanjang usia baterai? Silahkan cantumkan sebagai komentar.


EmoticonEmoticon