Friday, June 9, 2017

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Android

Wifi bukan gratis biasanya dinikmati di rumah pribadi. Apakah itu berarti sudah ada jaminan koneksinya selalu stabil? Tidak. Jaringan tanpa kabel ini malah bisa mengesalkan bila koneksinya buruk. Padahal kita sudah membayar mahal setiap bulannya. Internet yang menjadi bagian dari kehidupan kalau dipisahkan dalam jangka lebih dari sehari sudah mampu membuat orang merasa hampa. Jika memang wifi Anda sering lemot, Anda dapat mencoba tips di bawah ini. Namun sebelumnya Anda harus sudah mengecek router.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Android

cara mempercepat koneksi wifi di android tanpa root


Apakah posisi dan pengaturannya sudah benar atau ada yang salah.

1.Posisi

Hal kecil berefek besar. Router inilah yang mengirim sinyal ke semua arah mata angin. Letak yang paling bagus berada di tengah ruangan, bukan pojok. Jangan menaruhnya di dekat jendela. Sia-sia dong Anda membayar wifi per bulannya kalau kemudian sinyal malah dikirim ke luar ruangan dimana Anda berada. Apalagi wifinya tidak diberi password, semua orang bisa sesuka hati berkumpul di dekat jendela hanya demi icip-icip wifi.

2.Tinggi

Seharusnya wifi berada di tempat tinggi. Setidaknya ada di atas meja atau almari. Router memang dibuat untuk mengirim sinyal jatuh ke bawah, bukan dari bawah naik ke atas.  Jangan meletakkan router di atas lantai apapun jenisnya. Lantai dari semen, logam, keramik bahkan beton semuanya tidak bagus karena hanya akan mengakibatkan sinyal wifi kesulitan menembusnya.

3.Terbaik

Memancarkan sinyal sangat kuat. Sebisa mungkin Anda punya tempat paling enjoy untuk beristirahat sekaligus bekerja. Anda dapat menaruhnya di kamar pribadi atau ruang keluarga. Terserah. Yang penting Anda meletakkan di tempat yang paling sering Anda pakai karena di situlah sinyal wifi akan terpancar dalam posisi maksimal. Semakin jauh dari router, semakin lemah pula sinyalnya.

4.Tidak Tertutup

Meletakkan router di dalam lemari supaya terhindar dari pencurian memang ide pencegahan yang bagus. Tapi menjadi tidak bagus lagi karena sinyal hanya akan tertekan. Kinerja dari wifi Anda akan semakin lemot. Begitu pula bila router berada di antara meubel atau dinding. Pokoknya Anda harus meletakkan router di tempat terbuka yang tidak berhimpit sama sekali supaya wifi dapat mengirim sinyal secara maksimal.

5. Jangan Dekat Benda Serupa

Router menghasilkan sinyal elektromagnetik. Apabila dia bertemu benda serupa, kinerjanya pasti turun. Meletakkan router dekat TV, telepon atau kulkas hanya akan memperlemah sinyalnya.

6. Antena

Jangan sampai antenanya tidur atau terbalik. Selalu pantau antena router supaya tetap berdiri. Posisi vertikal akan menguatkan sinyal yang terpancar dibandingkan posisi tidur. Router pun dengan mudah menjangkau semua sudut ruangan.

7.Periksa

Anda dapat memeriksa kekuatan sinyal menggunakan bantuan aplikasi. Petakan sudut mana yang menerima sinyal paling kuat urut hingga yang terlemah. Pakai saja Cloudcheck atau Amped.

8. Software

Mempercepat koneksi wifi bisa melalui setting perangkat lunak router. Akses ke sana hanya bisa dibuka lewat IP khusus. Cek di bawah router berapa IPnya. Biasanya ketika membeli barang, ada juga buku panduan yang disertakan dalam boks. Anda bisa membaca caranya di sana. Ubahlah frekuensi router di channel 1, 6, 11. Sekedar informasi, umumnya router punya 14 channel. 1, 6, dan 11 memang jarang bersinggungan dengan channel orang lain sehingga dia akan lebih cepat aksesnya. Anda pun dapat melakukan pemutakhiran firmware supaya kinerja router meningkat.

9.Speed Test

Mula-mula yang dites koneksi wifinya kemudian koneksi kabel. Apabila keduanya menunjukkan hasil buruk yang sama maka bukan routernya yang salah, melainkan provider internet Anda. Jika semuanya sudah dipraktekkan tapi koneksi wifi tetap lemot, Anda harus berkonsultasi ke provider yang mungkin menyarankan Anda membeli router baru.

Terima kasih sudah menyimak. Apabila memiliki pengalaman seputar dunia wifi, internet dan router silahkan ditambahkan di kolom bawah, ya.


EmoticonEmoticon