Saturday, June 3, 2017

Cara Menjual Ponsel,Hp,Smartphone dengan Harga Maksimal

Perkembangan dunia smartphone terus terjadi setiap hari. Vendor-vendor lokal maupun dunia selalu berusaha mengeluarkan produk terbarunya. Masing-masing dari mereka memiliki andalan akan fitur maupun tampilan luar yang menjadi ciri khas mereka. Tentunya kekhasan ini bertujuan untuk menggaet para pembeli serta mempertahankan pelanggan lama supaya tidak berpindah ke lain hati. Namun namanya manusia, seringkali tergoda mencoba produk lainnya. Kalau tidak cocok atau sudah bosan smartphonenya dipindah tangankan.

Dia sendiri dapat membeli lagi tipe terbaru yang masih hangat menjadi trending di majalah. Lantas bagaimana dengan nasib smartphonenya yang lama? Kiranya tak dapat memberi banyak untung atau mengembalikan modal pada saat pembelian dahulu.

Cara Menjual Ponsel,Hp,Smartphone dengan Harga Maksimal

Kebanyakan harga jual smartphone memang selalu turun, bukan bertambah nilai jual


Walau begitu Anda tetap dapat memaksimalkan harga jual HP dengan beberapa tips berikut.

1.Factory Reset

Layaknya HP yang terkena masalah, smartphone yang hendak dijual wajib dilakukan factory reset. Reset pabrik ini akan mengembalikan HP Anda ke dalam keadaan 0. Semua data terhapus. Sehingga calon pemakai Anda tidak sembarangan menyalahgunakan akun yang berada di dalam smartphone. Pun dia tidak merasa terganggu dengan aplikasi yang tidak terlalu penting milik Anda.

Setelah dilakukan factory reset terhadap smartphone, segera cabut memori eksternal plus kartu SIM. Sebaik apapun Anda jangan coba-coba memberikan bonus kedua kartu tersebut demi alasan keamanan. Anda tidak pernah tahu siapa sebenarnya pembeli yang membawa pulang HP Anda. Bisa jadi dia ahli IT yang kurang bertanggungjawab lantas melakukan hal-hal jahat seperti mengembalikan data dalam memori eksternal kemudian menjadikannya bahan kejahatan atau memakai kartu SIM Anda untuk menipu. Who knows? Kita tidak pernah tahu.

2.Jaminlah

Membeli di counter resmi pasti dapat garansi. Membeli di teman sendiri? Maka dari itulah Anda harus berani memberi garansi barang ketika menawarkan. Jika Anda sendiri yakin barang Anda masih jos, pasti Anda siap ditanyai ini itu kan? Beri saja garansi seminggu atau tiga hari sejak pembelian.

3.Cara Bayar

Ada beberapa cara pembayaran di era modern ini. Namun demi alasan keamanan dan kebaikan bersama, usahakan bisa bertransaksi dengan sistem CoD alias Cash On Delivery. Anda dapat menerima uang hari itu juga, si pembeli pun bisa membawa pulang barang langsung. Sebelumnya, kalian dibebaskan saling cek ricek barang, menjelaskan kekurangan kelebihan barang sampai menentukan harga yang pas.

Jika memang tidak memungkinkan CoD karena terlalu jauh, pilihlah rekening bersama. Meskipun harus ada biaya tambahan, namun tingkat keamanannya lebih tinggi. Hal ini berlaku bagi Anda yang calon pembelinya belum dikenal. Namun bila sudah yakin, Anda boleh saja memakai rekening langsung. Lebih simple dan tanpa biaya tambahan.

4.Realistis Di Harga

Emas tidak sama dengan bisnis smartphone. Anda harus bisa terima kenyataan berbisnis HP pasti ketika dijual kembali harganya lebih rendah. Jadi jangan mencoba-coba mematok harga tinggi yang setara dengan saat membeli baru. Apalagi iseng menambah harga lebih tinggi dari barang baru karena ingin mendapat laba. Penyusutan selama pemakaian yang tampak justru akan mengurangi minat calon pembeli bila Anda sendiri tidak tahu diri.

5.Jujur

Jujur pangkal mujur. Memang kejujuran mungkin akan membawa HP Anda ke harga yang tidak prestisius. Namun dengan tetap menjaga kejujuran ini Anda mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli. Tulislah deskripsi produk secara jujur. Jangan sampai foto yang Anda unggah pada waktu promosi hanyalah hasil unduh di google. Kasihan pembeli yang tergiur penampilannya, eh ternyata hanya hasil googling.

6.Jual Ke?

Paling mudah menjual smartphone kelas atas adalah dengan memberi kesempatan cicilan berbunga 0 %. Bila HP Anda ketepatan middle high class dan masih belum lecet sama sekali, coba tawarkan ke orang dekat dulu. Siapa tahu tante atau keponakan Anda berminat membelinya. Lumayan kalau setiap bulan ada pemasukan pasti karena membayarnya pakai sistem cicilan. Boleh juga ditawarkan via online. Biasanya lapak jual beli HP lebih cepat deal dibandingkan menitip barang di toko online.

7.Barangnya

Terakhir, Sebelum menjual smartphone, tata yang rapi barang Anda. Jangan lupa membersihkan seluruh body. Jadi jika Anda memang suka gonta ganti HP, pastikan memberi pengaman serta pelindung layar begitu HP resmi menjadi milik Anda. Masukkan ke box dan tata isi box dengan rapi.

Itu tadi 7 cara yang dapat menjaga harga jual smartphone supaya tetap maksimal. Kita tidak rugi, pembeli juga banyak untung.


EmoticonEmoticon