Saturday, June 3, 2017

Cara Merawat Dan Panjangkan Usia Baterai Ponsel Android Anda

Cara Merawat Dan Panjangkan Usia Baterai Ponsel Android Anda
Pada artikel sebelumnya, Anda sudah tahu bagaimana cara Periksa Dan Jaga Kesehatan Baterai Ponsel Anda. Nah, sekarang beda lagi. Ada beberapa cara yang sangat tidak disukai penggila smartphone. Misalkan tutup paksa beberapa aplikasi. Namun kali ini yang akan kita bahan adalah cara memanjangkan usia baterai Anda. Smartphone Anda juga memiliki nyawa, dan nyawa ini terletak pada baterai. Kalau usia baterai kurang dari dua jam, bagaimana nanti komunikasi Anda bisa lancar? Coba simak dulu ulasan di bawah ini.

1.Sprint Charge

Kalau Anda menjadi pelari coba pilih salah satu, mau lari sprint atau marathon? Bagi atlet marathon tentu akan menyukai marathon. Namun bagi orang awam, berlari sprint sedikit demi sedikit akan lebih menyehatkan juga tidak begitu melelahkan. Sama juga dengan baterai smartphone Anda. Agar sel dalam baterai tidak bosan atau kaget dengan adanya daya baru yang masuk, akan lebih baik bila pengisian dilakukan bertahap. Contohnya daya baterai awal tinggal 30%. Pertama diisi dulu sampai 60% atau jika masih 50% dipenuhi.

2.Jangan Sampai Kosong

Kadang-kadang kita tidak dapat mengendalikan diri ketika sedang ada banyak chatting. Tapi ingatlah, membiarkan baterai sampai keadaan 0% justru memperpendek usia baterai. Kondisi ini tergolong ekstrem berbahayanya. Perlahan tapi pasti, daya tahan baterai Anda akan berkurang. Hal ini jauh lebih buruk dibandingkan membiarkan HP terhubung dengan charge dalam waktu berlebihan.

3.Jangan Mengisi Daya Pada Posisi 40%

Tidak banyak orang yang tahu pada posisi berapa baterai dikatakan ideal. 40% menjadi angka terbaik saat baterai dapat disebut seimbang. 40% itu tidak kepenuhan, tidak juga kekurangan. Jangan mengisi ulang daya saat baterai masih di atas 40%. Isi kalau dayanya terus berkurang pelan menuju batas akhir 40%. Baru kemudian hubungan terminal kuningan dengan charger handphone.

4.Letakkan Ditempat Yang Aman

Semua orang juga tahu baterai berpotensi meledak bila berada di tempat panas. 80% daya tahan baterai akan menurun jika Anda meletakkannya di daerah bersuhu panas minimal 60 derajat celcius. Bahkan ketika Anda tinggal di tempat berudara ideal, 25 derajat celcius saja baterai pasti akan menurun peformanya sebesar 20% per tahun. Itu sudah kejadian alami dan di luar kendali.
Seperti halnya panas yang keterlaluan, suhu terlalu dingin juga tidak baik bagi baterai. Tidak usah menempatkan baterai di dalam atau di dekat kulkas yang terbuka karena ini bukan hal yang akan memulihkan kesehatan, justru memperburuk baterai Anda.

5.Charging Pada Posisi 0%

Satu dua kali mungkin Anda tidak bisa membiarkan banyak chat dibiarkan sehingga baterai kosong tanpa terasa. Anda harus segera melakukan charging pada HP yang tak sengaja berada di posisi 0%. Jika tidak segera dicharge, bisa jadi sel-sel dalam baterai akan kehilangan kemampuan penyerapan energinya.

5 Hal di atas memang harus diperhatikan setiap pengguna smartphone. Sekarang Anda dapat bebas melakukan apa saja bagi baterai dengan usia panjang. Silahkan mempraktekkan.


EmoticonEmoticon