Sunday, June 4, 2017

Cara Hentikan Aplikasi Yang Menginstal Sendiri Tanpa Izin Pada Ponsel Android

HP kelas menengah ke bawah banyak yang mudah terkena serangan semacam ini. Meskipun tidak menutup kemungkinan HP mahal juga bisa mengalami kondisi aplikasi instal tanpa izin pemiliknya. Bagi orang awam, Anda mengira itu mungkin Anda melakukan update otomatis dari google playstore dan lupa belum dimatikan. Ternyata masalah utamanya tidak bersumber di situ.
Anda pasti kesal kalau android tiba-tiba instal aplikasi sendiri. Apalagi aplikasinya dalam jumlah banyak. Android Anda pasti berkurang kecepatan akses internetnya karena dibagi-bagi dengan unduhan lain yang sedang berlangsung. Sebenarnya sangat mudah menghentikan android yang instal aplikasi tanpa izin. Kebanyakan orang sudah tahu cara mengatasi konvensionalnya yaitu dengan menyetop update otomatis di playstore.

Hentikan Aplikasi Yang Menginstal Sendiri Tanpa Izin Pada Ponsel Android

Hentikan Android yang Instal Aplikasi Tanpa Izin


Akan tetapi cara ini harus merelakan setiap informasi update terbaru dari aplikasi yang terpasang. Namun Anda bisa mengupdate informasinya lewat teman Anda atau internet. Hal ini lebih baik daripada otomatis baterai Anda berkurang, kuota juga tersedot. Masalahnya, Anda sudah menonaktifkan pembaruan otomatis playstore tapi HP tetap update otomatis. Ada apa ini?

1.Virus

Cek path. Memori eksternal→android→data →Snowfoxcr. Aplikasi yang terdownload otomatis biasanya membuat folder bernama SNOWFOXCR. Kalau Anda punya folder ini maka penyebab masalah instal sendiri adalah virus.

2.Other Source

Ada beberapa aplikasi yang memang sudah bekerjasama dengan virus atau malware lain. Misalkan saja clean master dan beberapa jenis laucher serta web browser. Ingat lagi, apakah sebelumnya Anda pernah update aplikasi dari sumber selain google playstore? Kalau pernah, bisa jadi virus masuk bersamaan dengan aplikasi yang Anda gunakan tersebut.

3.Anti Virus

Tidak menginstal aplikasi antivirus sama sekali berbahaya bagi kelangsungan android. Anda tidak punya filter sama sekali untuk membersihkan virus yang masuk. Pasanglah aplikasi antivirus mumpuni supaya setiap ada virus bisa segera terdeteksi.

4.Prosesor

Biasanya prosesor yang mudah terinfeksi adalah mediatek (MTK).
Sesudah mengenal penyebabnya, mari kita mulai mencari solusi.

  1. Masuklah ke ruang setting aplikasi.
  2. Pilih Manage Apps. Di sini semua aplikasi yang terinstall di HP  Anda berkumpul.
  3. Tab All dan terlihatlah aplikasi mana yang letaknya di memori eksternal dan mana yang ada di internal/
  4. Cari aplikasi ‘Search Application Provider’ yang artinya layanan unduhan aplikasi.
  5. Di pojok kanan atas lakukan disable. Disable ini akan menghentikan aplikasi tersebut.
  6. Restart. Biasanya kalau masih normal, cara ini ampuh untuk menghentikan kegiatan aplikasi bandel yang terus update dan install tanpa diminta playstore. 

Itulah cara yang dapat Anda praktekkan sebelum membawa HP untuk flash ulang. Silahkan dicoba dulu.


EmoticonEmoticon