Friday, June 9, 2017

Inilah Tanda Tanda Smartphone Terinfeksi Virus

Inilah Tanda Tanda Smartphone Terinfeksi Virus
Smartphone yang hang di tengah-tengah pengoperasian tidak selalu disebabkan oleh kebanyakan aplikasi. Bisa jadi semua itu adalah tanda serangan virus. Terlebih bila Anda memang mengizinkan instalasi dari souce selain resmi milik google. Peluang virus itu masuk ke smartphone semakin besar. Semakin lama para vendor berusaha mengembangkan smartphone yang daya tahannya lebih kuat. Banyak pula developer yang mencoba mengembangkan antivirus dan malware. Namun di sisi lain virus, trojan serta malware pun berkembang lebih cepat, sehingga tidak mungkin ada jaminan 100% PC atau smartphone aman selamanya. Jika terjadi masalah pada smartphone Anda dan Anda sendiri bingung apa penyebabnya, bisa jadi salah satu dari tanda di bawah ini yang merupakan indikasi adanya virus bercokol di dalam sana.

1.Lemot

Memang penyebab lemot ada banyak. Tapi hal mutlak dari adanya virus di smartphone yaitu melemotnya ponsel. Bahkan malah akan cenderung hang pada saat kita mencoba sedikit multitasking. Coba saja dulu antivirus atau cleaner standar. Sebisa mungkin pilihlah antivirus yang fungsinya bukan hanya melakukan scanning dan menyapu bersih, tetapi juga blokir terhadap ancaman virus yang akan masuk.

2.File Asing

Apakah Anda yang lupa atau HP dibawa teman lalu mereka menitipkan file tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Munculnya file tidak dikenal di media penyimpanan, baik internal maupun eksternal secara tiba-tiba juga merupakan indikasi besar adanya virus. File ini bisa berupa berkas. Ketika Anda menghapusnya biasanya akan kembali ada lagi, Anda hapus lagi akan muncul lagi. Filenya bandel sekali berarti itu virus yang menyamar.

3.Mati Mendadak

Kesal kan kalau smartphone mati sendiri saat Anda masih mengetik pesan atau di tengah-tengah playing video lucu dari instagram? Jangan ragu-ragu lagi. HP yang restart tanpa perintah merupakan virus. Anda sudah harus membersihkan virus itu memakai antivirus yang mumpuni.

4.Boros Daya

Terkait dengan ini, sering kita tertipu. Ada daya yang memang cepat habis akibat usia baterai sudah tua, kebanyakan aplikasi, terlalu sering dioperasikan atau kegiatan lain yang memang membutuhkan banyak konsumsi baterai. Boros daya ternyata bisa diakibatkan oleh serangan virus. Kalau yang ini ciri-cirinya banyak aplikasi atau program lain beroperasi tanpa adanya perintah.

5. Over Data

Sialnya lagi kalau virus bukan hanya menyerang data di media penyimpanan, tetapi lebih dari itu. Virus dapat menyedot paketan data internet Anda bahkan pulsa sms. Tentu saja semuanya berjalan sangat halus tanpa membuat Anda curiga, apalagi pulsa dan data internet Anda memang banyak. Anda dapat mengenali virus jahat ini dengan adanya pesan yang tidak jelas. Bisa juga dengan hadirnya pop-up.

Kelima tanda di atas hadir di HP Anda? Sudah tidak perlu ragu lagi, itu pasti virus. Smartphone Anda sedang tidak sehat. Segera atasi, kalau virusnya bandel Anda boleh membawa ke tukang service HP. Biasanya mereka tahu sedikit tentang cara mengatasi serangan tersebut atau setidaknya merekomendasikan solusi.


EmoticonEmoticon