Friday, June 9, 2017

Masalah-masalah Umum Pada Smartphone Android dan Solusinya

Kali ini kita tidak membahas tentang masalah pada hp android samsung bahkan masalah android sayangnya aplikasi telah berhenti tapi kita akan membahas tentang jenis kerusakan hp dan solusinya,macam macam kerusakan hp dan cara memperbaikinya. Pada masa awal kemunculan android di pasaran orang banyak berpikir jenis ponsel pintar pasti bisa dipakai apa saja. Benar. Tapi bukan berarti bebas masalah. Justru karena memiliki banyak fitur canggih, smartphone pun memiliki banyak masalah serta ancaman bahaya dibandingkan HP jadul yang hanya bisa digunakan telepon, sms serta main game ular. Kira-kira apa saja ya permasalahan umum pada smartphone dan bagaimana cara mengatasinya ketika menyerang handphone milik kita? Silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Masalah-masalah Umum Pada Smartphone Android dan Solusinya

1. Masalah Hp Android Hang

Dulu sebelum ada smartphone, Anda mungkin hanya susah bila PC komputer menjadi hang. Tapi sekarang hang bisa terjadi pada telepon yang kita genggam. Benda elektronik yang pada awalnya kita anggap sangat lancar dipakai sepanjang hari, kenyataannya memiliki masa sehatnya masing-masing. Hang ini dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya isi memori internal atau penuhnya RAM. Semakin berat beban bagi memori smartphone, semakin dia tidak bisa beroperasi. Anda tidak dapat mengoperasikan tombol di layar sentuh sama sekali dan yang mengesalkan kejadian ini berlangsung cukup lama.

Ada yang namanya Link2SD. Aplikasi ini memang membutuhkan akses root, tapi Anda akan melegakan banyak tempat di internal memory serta RAM jika bisa memindahkan file aplikasi berat ke dalam kartu memori eksternal. Sementara SMAP Memory dipakai untuk menambah ruangan di RAM supaya tidak sesak.

2.Bootlop

Jika hanya macet saja itu namanya Hang. Tapi kalau macet dilanjutkan restart otomatis disebut bootlop.

a.Soft

Bootlop jenis soft terjadi ketika kita masuk ke homescreen.

b.Medium

Tadi pada tingkat soft, HP langsung hang dan restart saat masuk ke homescreen. Yang medium ini malah tidak bisa memasuki homescreen. Dia hanya macet di bootanimation tetapi masih sanggup download mode dan recovery mode.

c. Hard

Tingkatan bootlop terparah adalah hard. Masih baru diaktifkan sudah langsung bootlop. Hanya sampai munculnya logo merk HP, Anda sudah gagal masuk recovery mode tetapi masih bisa masuk di download mode. Hard bootlop memang jenis yang paling jarang terjadi namun bukan berarti tidak akan pernah ada. Apabila Anda suka mengutak-atik sistem OS dan ada yang salah, resiko ini harus siap diterima. Mau tidak mau Anda harus melakukan factory reset.

3.Stack

Macet di bootlogo, bootsplash, bootanimation dinamai kondisi stack. Jika ditelusuri dari penyebabnya, masih sama dengan bootlop. Beruntung sekali bila smartphone Anda tidak mempunyai baterai tanam. Silahkan langsung melepaskan baterai dari kerangkanya kemudian pasangkan lagi baru mulai dinyalakan. Ini hanya cara ringannya saja, namun bila gagal sudah tidak ada pilihan lain kecuali mau reset semuanya.

4.IMEI

Masalah HP palsu dan ori, resmi dan selundupan banyak berhubungan dengan nomor IMEI. Bahkan dengan inilah para pengintai dapat menyusupi HP Anda dengan mudah. Tekan *#06#. Cocokkan IMEInya dengan yang ada di HP.

5.Layar Putih

Layar ungu maupun layar putih sama-sama jadi masalah. Kebiasaan membiarkan HP beroperasi tanpa henti meskipun sudah panas menjadi masalah utamanya. Apakah Anda suka melakukan hal serupa? Hati-hati itu bisa memicu permasalahan berat begini, LCD rusak. LCD rusak sangat rawan diperbaiki seorang diri, lebih baik Anda pergi ke service center bila garansi masih ada atau ke tukang service jalanan agar mau mengganti LCD.

6.Brick

Apa guna punya smartphone kalau brick, tidak bisa menyala sama sekali.

a.Soft

Brick jenis soft akan membuat Anda gagal masuk recovery mode sekaligus download mode. Hal ini diakibatkan oleh overclock atau bisa juga gagalnya proses flashing. Soft brik bisa juga mematikan ponsel sama sekali. Jika masih ada kesempatan menyala sebentar, Anda bisa mengembalikan ke pengaturan pabrik tapi harus minta bantuan laptop atau komputer.

b.Hard

Justru penyebab hard brick ini berawal dari ketidak sengajaan semisal HP masuk ke air saat berenang atau mandi. Selain itu jatuh dari tempat tinggi bisa mematahkan mesin dan bagian dalam sistem android. Hard brick merupakan kerusakan terparah. Anda akan mengeluarkan dana yang hampir sama dengan harga baru smartphone karena memang harus mengganti mesinnya di service center.

7.SDCard

SDCard yang rusak cukup membuat tidak nyaman. Apalagi bila Anda suka mendengarkan lagu setiap hari. Kerusakan pada memori eksternal biasanya diberitahukan melalui pesan memory card gagal dibaca atau tidak terdeteksi. Sering gonta-ganti tempat memory eksternal dari satu smartphone ke smartphone lain hanya akan membuatnya lecet dan tidak terbaca. Perbaiki atau format saja SDCardnya agar bisa dipakai lagi.
Ketujuh hal di atas adalah permasalahan umum bagi pengguna smartphone. Apakah kira-kira ada yang lainnya? Silahkan add sebagai komentar.


EmoticonEmoticon