Saturday, June 3, 2017

Yang Perlu Dperhatikan Ketika Mau Membeli Ponsel Android Second

Yang Perlu Dperhatikan Ketika Mau Membeli Android Second
Dalam segi jumlah, bagi kalangan biasa dan menengah ke bawah, ponsel android bekas menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bila merk HP yang mengeluarkan masih belum teruji. Sementara fitur di dalamnya sudah mumpuni. Barang begini lebih memihak pembeli daripada penjualnya. Namun, membeli smartphone bekas memiliki banyak resiko. Kebanyakan sih barang android yang bekas sudah pernah mengalami kerusakan tertentu. Kita hanya bisa melihat bodynya mulus, si penjual bilang softwarenya masih oke. Tapi kita tidak diberi garansi sama sekali? Itu namanya terlalu berani mengambil resiko besar.

Pertimbangan Ketika Membeli Android Second


Anda harus punya pertimbangan sendiri sebelum mengiyakan setiap ucapan penjual android bekas.

1.Spesifikasi

Yang ini sudah pasti. Anda harusnya sudah tahu standar spesifikasi android tahun ini seperti apa. Kalau untuk jaman sekarang setidaknya Anda beli smartphone bekas yang RAMnya 3GB dengan internal 32 GB atau 16 GB ditambah memori eksternal. Ketersediaan memori eksternal akan mempermudah Anda menyimpan data-data. Sistem operasinya jangan sampai android 5.0 ke bawah. Itu sudah sangat parah dan membuat Anda rugi sendiri.

2.Like New

Like new ini barang yang ada garansinya. Kalau Anda kesusahan cari barang like new ini Anda bisa searching penjual online dengan keyword BNOB. Brand New Open Box. Harga barang BNOB berada di tengah-tengah antara barang gress dengan second. BNOB ialah barang yang masih baru tapi boxnya sudah dibuka. Dengan berburu BNOB Anda tidak akan kecewa banyak.

3.Old Stock

Beda dengan BNOB, Old Stock ini juga tidak murni second. Biasanya, para penjual old stock hanya menjual barang-barang lama yang belum laku dijual. Dulu pada zamannya, flagship tersebut memiliki harga tinggi, tapi tidak untuk sekarang. Bahkan Anda tidak akan diberi garansi jika membeli barang old stock. Sehingga jika memungkinkan, pakai sistem pembayaran COD untuk memastikan itu barang old stock, bukan second pemakaian lama.

4.Harga

Memilih barang sudah, sekarang tinggal bagaimana Anda menawar harga dengan penjualnya. Garansi juga akan memengaruhi harga jual barang. Cek majalah smartphone dan lihat berapa harga second bagi smartphone yang akan Anda beli. Jangan sampai harga yang sudah deal nanti melenceng jauh dari pasaran. Kasihan salah satu pihak yang pasti sangat dirugikan. Pilih juga sistem pembayaran teraman bagi Anda.

5.Cocokkan dan Perhatikan Kondisinya

Menjadi pembeli cerdas bukan hanya sampai pada tahap barang sudah dikirim. Sesampainya di rumah, barang yang tadi Anda beli secara online ini harus dicek kondisinya. Apakah sama dengan deskripsi penjualan? Lalu bagaimana keadaan software dan isi HP? Sudahkah semuanya difactory reset atau belum. Anda harus meminta garansi barang 3 hari saja untuk melakukan pengecekan dan retur bila ternyata barang yang dibeli tidak sesuai deskripsi. Tanya saja kenapa begini begitu. Anda kan pembeli. Pembeli adalah raja bagi mereka yang berjualan mengedepankan pelayanan dan kualitas.

Kelima cara tersebut akan membantu Anda meminimalisir kemungkinan tertipu dengan barang-barang elektronik yang dijual bebas di pasaran. Bila Anda punya tips tambahan, silahkan isi di kolom komentar.


EmoticonEmoticon