Thursday, June 1, 2017

Apakah Harus Membersihkan Cache di Browser Android?

Kegiatan browsing menjadi harga mati para pengguna android di samping kegiatan berselancar di sosial media. Para software developer berlomba-lomba menciptakan aplikasi browser baru yang dapat meningkatkan peforma saat mengunjungi banyak situs secara bersamaan. Mulai dari browser bawaan android, default google, vc browser, uc browser dan beberapa nama aplikasi lainnya yang beredar gratis di google playstore.

Ngomong-ngomong tentang browser, kita akan selalu terkait dengan cache. Mau Anda memakai PC atau lebih menyukai browsing dari HP langsung semuanya sama-sama meninggalkan jejak bernama cache. Cache ini berguna untuk membuat file yang isinya khusus merekam kegiatan penjelajahan di internet . Cache akan disimpan di media penyimpanan. Berbeda lagi dengan log yang akan mendokumentasikan sesuai perintah sistem sebagaimana sistematika alur. Jadi, dari sini Anda tentunya sudah paham bahwa cache lebih luas dibandingkan log. Cache lah yang melakukan saving setiap aktivitas dunia maya. Jadi, setiap Anda melakukan klik di suatu situs, cache akan mencatatatnya.
Diberitahukan Apakah Harus Membersihkan Cache di Browser Android?
Diakibatkan oleh selalu dicatatnya setiap aktivitas tanpa terkecuali, membuat semakin aktif Anda menjelajah, ruang memori akan semakin disesaki cache. Tapi tidak selamanya keberadaan cache ini menyusahkan pengguna internet. Dengan adanya cache yang selalu mencatat detail aktifitas berinternet, Anda akan mendapat keuntungan berupa lebih cepatnya loading saat ingin mengunjungi kembali situs tersebut. Misalkan saja Anda adalah pelanggan cerpen di blog y, pada waktu Anda datang ke situs itu untuk kedua, ketiga dan seterusnya, kecepatan terbukanya situs pasti akan lebih cepat daripada saat datang pertama kali. Hal ini dipengaruhi oleh jejak yang sudah ada di memori penyimpanan. Sehingga Anda langsung terakses lewat bypass, tidak usah menunggu unduhan data internet semuanya selesai merayapi beranda situs.

Apakah Perlu Menghapus Cache di Browser Ponsel Android?


Bagi Anda yang merasa memori HP semakin penuh, Anda mungkin ingin bertanya apakah cache ponsel boleh dihapus? Lantas apa yang terjadi jika cache dihapus? Ada beberapa jawaban seperti di bawah ini yang perlu Anda ingat.

1.Perlu

Hapus data pada aplikasi android memang menjadi salah satu jalan untuk melegakan kapasitas memori yang sudah sesak. Pendapat yang pertama ini berlaku bagi Anda yang merasa memori sudah semakin penuh namun data cache tidak terlalu dibutuhkan di masa mendatang. Lagi pula, kecepatan akses browsing yang akan berkurang tidak terlalu jauh dari sebelum cache dihapus. Tenang saja, itu kan hanya untuk satu waktu saja. Nanti bila Anda sering mengunjungi situs itu tadi kecepatan browsingnya pasti akan bertambah lagi sampai normal seperti sebelum cache dihapus. Jadi tidak perlu takut menghapus karena dampaknya tidak signifikan.

2.Tidak Usah

Bagi Anda yang ponselnya memang memiliki ruang penyimpanan longgar, tidak perlu bingung menghapus cache. Jika Anda merasa ketergantungan dengan internet dan ingin menghemat kuota, maka opsi kedua ini menjadi yang paling cocok.
Berdasarkan kedua pertimbangan dan disesuaikan prioritas Anda sendiri, silahkan memilih salah satu keputusan dari dua pertimbangan di atas.


EmoticonEmoticon