Sunday, June 11, 2017

Memperbaiki ‘Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti’

Kejadian yang memberi pesan ‘sayangnya aplikasi telah berhenti’ ini disebut force close. Sekali dua kali Anda mungkin pernah mengalaminya di tengah kegiatan chatting dengan banyak orang dan grup atau game online. Penyebab utamanya apa masih menjadi misteri bagi banyak orang, mungkin karena peforma RAM menurun. Tapi yang jelas, semua aplikasi di android memiliki potensi sama mengeluarkan pesan ‘unfortunately, app has stopped.’ Penyebabnya adalah sebagai berikut:

Memperbaiki ‘Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti’

1.RAM

Seperti tadi yang sudah dijelaskan, RAM android penuh dapat membuat aplikasi terhenti secara paksa. Kasus ini paling banyak menimpa android dengan RAM 512 ke bawah. Tetapi bukan berarti RAM 1 GB ke atas sudah pasti tidak akan mengalami force close. Jika terlalu banyak aplikasi berjalan di background maka sekalipun RAMnya besar tetap bisa mengalami force close.

2.Cache

Anda sayang menghapus cache karena merasa memerlukannya? Hati-hati. File cache yang menggunung justru akan memberatkan android Anda lalu berdampaklah pada aplikasi yang tiba-tiba terhenti.

3.Internet

Memang internet menjadi sumber nyala atau tidaknya koneksi kepada game online dan berbagai aplikasi seru lainnya. Jika internetnya super lemot apalagi putus di tengah jalan pada saat Anda streaming bisa jadi malah muncul pesan aplikasi telah terhenti.

4.Aplikasi

Nah, yang keempat ini masalahnya ada di aplikasi. Aplikasi yang dimaksud ternyata tidak kompatibel atau kurang cocok dengan sistem serta perangkat keras android Anda. Hal ini akan memicu force close sekaligus error. Jadi misalkan ada aplikasi baru dan keren yang ingin Anda coba memberi syarat android minimal harus sudah OS Lollipop sementara HP Anda baru Jellybean bisa jadi malah aplikasi itu nanti ketutup paksa. Parahnya malah tidak bisa dibuka.
Anda sudah mengetahui penyebabnya, sekarang mari mencari solusi agar pesan tersebut tidak muncul lagi.

1a.Hapus Cache

Tadi ada permasalahan yang diakibatkan oleh file sampah dan cache tidak pernah dihapus. Anda bisa mendownload Clean Master atau aplikasi lain yang bisa membantu menghapus cache di seluruh android dalam waktu sekejap. Setelah proses penyapuannya selesai, silahkan restart HP kemudian buka lagi aplikasi yang force close tadi. Bisa juga membersihkan cache secara manual lewat setting kemudian masuk di aplikasi, tapi dengan cara ini Anda akan menghabiskan banyak waktu karena beralih satu per satu aplikasi.

2b.Hapus Data

Ini termasuk cara jitu mengatasi permasalahan error pada smartphone. Data yang dimaksud bukan seluruh file seperti hasil factory reset. Anda hanya perlu menghapus data pada aplikasi bermasalah. Di manajemen aplikasi biasanya ada pilihan hapus data, paksa berhenti atau hapus cache. Nah, pilihlah hapus data. Penghapusan ini tidak akan mencopot pemasangan aplikasi Anda tapi Anda harus login lagi bila ingin masuk kembali.

3c.Update

Update aplikasi dipercaya dapat menghilangkan bugs atau error lainnya di suatu aplikasi. Agar prosesnya lancar maka internet Anda pun juga harus lancar. Anda bisa masuk ke playstore lalu mengupdate aplikasi bermasalah tadi. Aplikasi chatting dan sosial media biasanya memang tidak bisa dipakai kalau tidak diupdate dulu, terutama Whatsapp.

4d.Re-Installing

Hapus aplikasi lama yang tidak bisa dipakai, restart dan bersihkan HP dari junk. Anda akan melakukan install ulang, jadi harus mencari dari google playstore sebagai toko resmi para pengguna android. Di sana nanti versi aplikasinya pasti yang terbaru dan kebanyakan akan menyelesaikan masalah Anda.

5e.Reset Pabrik

Ini harus dijadikan opsi terakhir. Factory Reset memang ampuh menyelesaikan berbagai masalah pada smartphone, tapi Anda harus kehilangan semua data di HP. Jika Hpnya android Lollipop Anda tinggal ke pengaturan ?setelan tambahan?buat cadangan dan reset. Setelah itu terakhir sentuh ‘hapus data aplikasi dan aplikasi yang dapat dibongkar.’
Semoga 5 cara di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah force close yang sangat mengganggu kenyamanan bermain android, ya.

1 komentar so far

Bagus om tutorialnya, terimakasih salam.


EmoticonEmoticon