Wednesday, June 7, 2017

Mengaktifkan Lagi Tombol Back di Android

Ada smartphone yang sudah full layar sentuh ada pula yang masih memiliki satu tombol di layar, yaitu tombol back atau kembali. Beberapa pemilik HP jenis kedua pernah mengalami masalah tidak berfungsinya tombol back pada layar tersebut. Dimulai dari seringnya pemakaian kemudian tombol jarang berfungsi. Lama kelamaan malah tidak bisa bekerja sama sekali. Memang cara terbaik mengatasi masalah seperti itu yakni dengan membawa ke service center. Habisnya masa garansi membuat Anda terpaksa mengeluarkan uang agar bisa menyervis di tukang servis jalanan. Namun Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya lagi, coba praktekkan cara berikut ini. Siapa tahu dapat membantu mengembalikan fungsi tombol back.
Mengaktifkan Lagi Tombol Back di Android

1.Casing

Bukalah casing handphone. Karena Anda tidak mau membawa ke orang mumpuni, maka Anda harus cari sendiri cara membuka casing smartphone di youtube. Ada lempengan tombol yang Anda jumpai setelah membuka casing. Umunmnya lempengan tersebut berbentuk bulat dengan ukuran mini.

2.Cuttonbad

Masalah kecil tapi serius. Bisa jadi tombol tersebut tidak menjalankan tugasnya karena dia kotor. Pelan-pelan buka sticker di lempengan tombol kemudian bersihkan dengan pembersih telinga (cuttonbad).

3.Tes

Pasang lagi smartphone yang tadi Anda bongkar tapi tidak usah dirapati dengan baut dulu. On kan HP lalu cek apakah tombolnya sudah kembali berjalan seperti smeula atau belum Nanti jika sudah berfungsi berarti permasalahannya benar akibat kotor. Anda dapat merapati baut-baut tadi kembali ke tempatnya.

Kegagalan cara di atas mengindikasikan penyebab masalah berbeda. Anda harus mau mengeluarkan biaya lagi untuk membeli lempengan baru atau jika punya lempengan normal dari HP bekas yang sudah rusak Anda bisa memakainya.

Cara mengakalinya lagi bisa jga memakai kertas timah rokok. Yang diambil adalah bagian timahnya yang dicirikan warna silver atau emas. Pasanglah benda itu menghadap jalur listrik tombol plus minus. Yang perlu digaris bawahi jangan sampai kertas timahnya saling bersentuhan. Kalau sampai hal ini terjadi maka tombol akan tertekan.

4. Go Louncher Ex

Ini merupakan aplikasi pihak ketiga yang membantu Anda mengembalikan keberadaan tombol back. Go Louncher Ex diperuntukkan smartphone orisinil yang memang belum pernah disentuh root. Kalau yang sudah pernah root bisa memakai aplikasi bernama button sovior. Kedua aplikasi ini akan memberi tombol back, menu sekaligus home. Jadi Anda tidak perlu takut menghadapi resiko kegagalan cara-cara sebelumnya.

Artikel ini dibuat untuk membantu. Apabila ternyata cara tersebut tidak berhasil dipraktekkan di HP Anda maka Anda harus menyerahkan HP ke tukang service sebagai pilihan terakhir. Semoga berhasil, ya.


EmoticonEmoticon