Thursday, June 8, 2017

Menormalkan Layar Smartphone yang Gerak Sendiri

Pernahkah setelah memegang es Anda langsung menyentuh layar smartphone? Apa yang terjadi pada layar tersebut? Beberapa HP mungkin tidak memberi respon apapun. Namun ada juga HP low end yang langsung bereaksi. Layar di android beroperasi tanpa kendali. Anda pasti bingung bagaimana cara menormalkannya. Rasanya seperti ada makhluk lain yang mengendalikan layar ponsel Anda. Mereka sengaja mengacaukan pekerjaan yang hendak Anda selesaikan lewat android. Bahkan smartphone berkelas tinggi pun masih mungkin diserang ghost touch ini.

Adanya kerusakan pada LCD maupun layar sentuh menjadi faktor utama terjadinya ghost touch. Namun tak menutup peluang kerusakan disebabkan oleh rusaknya charger HP. Biasanya kasus ini baru terjadi jika HP dihubungkan pada colokan. Cek apakah charger Anda baik-baik saja atau memang itu bukan charger asli HP. Sehingga wajar jika menimbulkan masalah saat pemakaian. Bagaimanapun juga, sekarang Anda membaca artikel ini untuk mencari solusi.

Berikut Menormalkan Layar Smartphone yang Gerak Sendiri

Lantas Bagaimana Memperbaiki Layar Smartphone yang Gerak Sendiri?


Jadi langsung saja simak tipsnya di bawah ini.

1.Screen Guard

Screen guard yang kotor dapat menyebabkan layar bergerak sendiri tanpa diminta. Lepaskan pelindung layar smartphone Anda kemudian bersihkan dengan lembut. Pasang lagi. Apakah ada perubahan?

2.Baterai

Banyak kasus ghost touch terjadi pada saat baterai sudah sangat lemah. Jalan keluarnya ya langsung isi daya baterai. Lalu bagaimana kalau layar tetap bergerak sendiri? Periksa baterainya. Apakah dia menggelembung atau fisiknya saja sudah tak normal? Jika iya maka Anda harus mencari baterai baru supaya kerusakannya tidak semakin parah.

3.Panas

Bukan hanya panas pada baterai saja. Panasnya layar yang sudah melewati batas toleransi dapat menyebabkan beberapa ketidak normalan pada layar. Tandanya bagian luar HP Anda akan panas. Kalau sudah agak hangat atau bisa dikatakan panas, berarti layar Anda juga sedang kepanasan. Cara termudah untuk meredamnya yaitu membiarkan ponsel tidak bekerja sekaligus mematikan koneksi internetnya. Biarkan ponsel Anda beristirahat sejenak. Namun jika cara tersebut gagal, Anda dapat memasang spreader tambahan yang terbuat dari tembaga. Pasanglah di dalam casing HP agar panasnya teredam.

4.Bugs

Jika ghost touch disebabkan oleh bugs pada perangkat lunak atau ROM maka kita harus mengupgrade ROMnya ke versi teranyar. Anda juga dapat memastikannya dulu dengan melakukan factory reset.

5.Capek

CPU dan RAM ternyata juga bisa capek. Ketika mereka merasa beban kerja berlebihan, bisa-bisa layar bergerak sendiri tanpa perintah. Peforma yang labil ini memberi isyarat kepada kita supaya mengurangi perintah kerja dan menyelesaikan satu per satu.

Demikian artikel ini dibuat, terima kasih sudah berkunjung.


EmoticonEmoticon