Sunday, June 4, 2017

Menyelesaikan Masalah Android Lemot Secepatnya

Ketika pertama kali membawa pulang android, rasanya kita tidak mau jauh-jauh darinya. Peformanya masih sangat bagus. Anda pun tidak akan kecewa dengan spesifikasi yang ada. Anda terus saja memakainya sepanjang waktu karena merasa sudah cocok dengan android tersebut. Sampai pada suatu saat nanti Anda merasa peforma android mulai turun. Android lemot tak terkira. Setiap chatting dan beberapa kegiatan multitasking malah memperparah keadaan. Tenang saja, Anda dapat mengatasinya dengan mudah. Asalkan mau bersabar sebentar.
Menyelesaikan Masalah Android Lemot Secepatnya

Kesalahan yang terus dipelihara banyak orang yaitu selalu update aplikasi ke versi terbaru. Kegiatan ini tidak lebih penting dari update OS android. Yang ada HP Anda akan semakin lambat bekerja karena file baru pasti lebih besar dari versi sebelumnya. Memori penyimpanan Anda bertambah sempit dan kinerja HP menurun. Update saja aplikasi versi terbaru jika sedang butuh. Kelemotan pada android bisa diatasi secepatnya dengan cara berikut.

1.Kenali Sumber Masalah

Bagaimana akan menyembuhkan bila permasalahannya saja tidak tahu bersumber darimana. Kira-kira apakah karena sistem androidnya sudah sangat ketinggalan jaman? Beberapa aplikasi crash atau ada aplikasi yang memakan RAM dan ROM sangat banyak? Kalau sudah tahu akar masalahnya silahkan lanjut ke step kedua.

2.Memori

Walaupun memori Anda 4GB bukan berarti 4GB itu boleh diisi semuanya. Anda wajib menyisakan ruang agar aplikasi-aplikasi tetap bisa bernapas dan berjalan sesuai fungsinya. Sehingga Anda perlu mengosongkan beberapa ruang di memori internal. Itulah gunanya memasukkan file foto, video dan audio ke dalam memori tambahan. Supaya memori internal tidak terlalu sesak sehingga berdampak pada kinerja android.

Wajar android Anda lemot sekali. Memori internalnya diisi tanpa ampun. Cara tercepat melegakan memori internal ini adalah dengan deleting aplikasi yang tidak terlalu diperlukan. Aplikasi yang terus digunakan akan menyisakan sampah cache. Cache sebenarnya memiliki dampak positif seperti membuat akses lebih cepat serta memberi catatan riwayat penjelajahan. Namun Anda tidak bisa membiarkannya bertumpuk lalu melemotkan kinerja android.

Hapus cache data aplikasi. Klik aplikasi yang akan Anda hapus cachenya lalu pilih ‘hapus cache data.’ Selain itu, Anda juga dapat menonaktifkan aplikasi bawaan android. Bahkan dengan modal root, Anda bisa menghapus aplikasi bawaan Android yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

3.Widget

Asik memang memantau cuaca atau sosial media dari widget, tapi dalam kondisi sudah kepenuhan memori, memakai widget hanya akan memperparah keadaan. Hal ini bisa dijelaskan sebab widget senantiasa update informasi. Setiap ada pemberitahuan dari sosial media pasti widget menampilkannya. Begitu pula dengan cuaca saat ini. Semakin banyak Anda memasang widget, semakin lemot pula Android Anda. Terlebih lagi penggunaan android OS lama di bawah jellybean, RAM Anda pasti tidak kuat menuruti keinginan tersebut dan berujunglah pada kelemotan kinerja android. Sama seperti manusia, semakin tua dia kinerja multitaskingnya juga menurun.

4.Legakan RAM

Melegakan RAM bisa dengan banyak cara cepat. Anda tidak perlu bantuan dari tukang service karena bisa melakukannya sendirian. Jika biasanya Anda membuka banyak aplikasi bersamaan tanpa menutup salah satunya dulu, biasanya kecepatan android akan berkurang. Multitasking memang asik, tapi tidak asik lagi kalau androidnya malah melemot.

Tutup saja aplikasi yang sudah selesai digunakan baru masuk ke aplikasi lain.
Ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membebaskan RAM di android. Misalkan saja clean master. Aplikasi ini hanya menyuruh Anda menyentuh sekali tombol dan sudah bisa menyelesaikan masalah RAM yang penuh. Meningkatkan kinerja RAM bisa juga tanpa bantuan pihak ketiga bila HP Anda support dengan peningkat RAM yang bisa dicek di status bar.

5.Animasi

Launcher dan animasi bawaan android sering membuat bosan. Tak salah bila Anda install launcher sendiri lalu memilih efek transisi anti mainstream. Namun Anda harus tahu bahw ternyata launcher juga berfek pada kinerja android. Jika Android Anda masih sehat, Anda boleh menerapkan kustom terkeren. Tapi dalam kondisi android sudah lemot, terpaksa Anda harus menghapus animasi yang ada di layar beserta efek transisinya.

Caranya:
  1. Pengaturan lalu cari di bawah sendiri ada about phone
  2. Cari lagi software information lalu klik opsi nomor bentukan atau bisa juga disebut built number
  3. Tekan tujuh kali hingga muncul Developer Options yang sudah aktif
  4. Back to pengaturan dan masuk ke opsi pengembang
  5. Di bawah sendiri ada sala animasi jendela lalu atur pada posisi off
  6. Tap skala durasi animator lalu off –kan.

Skala jendela animasi yaitu berapa lama yang dibutuhkan supaya popup memunculkan jendela di android. Misalkan Anda mengatur ke settingan 5x. Semakin kecil angka settingannya, semakin cepat pula berjalannya pop up.

Sementara skala transisi animasi juga tidak jauh beda dengan skala jendela animasi. Hanya saja ini dipakai untuk transisi layar. Misalkan launcher akan memindahkan warna pada saat kita membuka suatu aplikasi. Mematikannya berarti mempercepat transisi pada layar home. Nah, kalau skala durasi animator akan menghilangkan beban yang berada pada animasi lingkaran. Intinya, skala durasi animator akan mempercepat peluncuran ke situs seperti youtube.

6.Restart

Cara terahirnya yaitu merestart android. Restart akan menyapu cache otomatis. Cara ini bisa dipakai sebagai solusi terakhir mengatasi android lemot. Tinggal pencet power lalu tap di bagian opsi restart. Ok. Beres deh.
Semoga keenam cara di atas tadi dapat membantu Anda menyelesaikan masalah pada android yang lemot secepatnya. Bila bermanfaat, silahkan dishare untuk membantu teman yang mengalami hal serupa.


EmoticonEmoticon