Wednesday, June 7, 2017

Perbaiki Ponsel Pintar Android yangTidak Mengeluarkan Suara

Mungkin menelepon bukan aktifitas yang lebih banyak dilakukan daripada chatting. Namun diakui atau tidak Anda pasti akan terganggu jika punya ponsel pintar yang tak pernah bisa mengeluarkan suara. Game online tidak seru lagi, ada banyak teman yang mengajak video call tidak bisa bergabung, ditelpon orangtua malah menyuruh sms, inginnya memutar musik pemberi inspirasi malah tak ada satu pun bunyi keluar. Sedikit banyak android yang tak bisa mengeluarkan suara dianggap cacat meskipun permasalahannya tidak begitu mendasar sehingga masih bisa dioperasikan. Bingungnya lagi, problem begini biasanya muncul mendadak.

Perbaiki Ponsel Pintar Android yangTidak Mengeluarkan Suara

Ada kasus yang terjadi akibat Hpnya jatuh, kena air atau selesai update aplikasi. Sementara itu, masa garansi sudah habis. 


Apa lagi yang bisa Anda lakukan kecuali mengikuti cara berikut ini?

1.Tombol

Kepanikan yang reaksioner bisa jadi bukan masalah. Ternyata Anda sendiri yang lupa menyetting suara diam. Coba cek dengan menekan tombol volume up sampai maksimal kemudian mainkan lagu. Jika tidak ada suara sama sekali, kemungkinan tombol volume tersebut error. Masuk saja ke pengaturan kemudian cari setting untuk sound dan lakukan reset.

2.Reboot

Banyak menimpa android berumur. Apakah motherboard smartphone Anda sudah terlalu lelah? Bisa jadi. Cabut saja memori tambahan dan SIM Card yang menancap. Begitu pula dengan baterai ponsel setelah dilakukan reboot sebelumnya. Biarkan HP selama beberapa saat. Katakanlah 5 menit Anda membiarkan motherboard istirahat total. Kemudian pasang lagi semuanya dan nyalakan. Tes dengan menyalakan kembali musik.

3.Root

Apa itu root dan kelebihan serta kekurangannya? Tidak semua orang memahami hal tersebut. Mereka yang menemui kegagalan saat flashing maupun root bisa jadi akibat ketidakcocokan stock ROM. Kalau memang HP Anda pernah mengalami flashing dan root kemudian suaranya malah tidak bisa keluar sama sekali, maka coba dilakukan unroot atau downgrade.

4.Headset

Sebelumnya Anda menancapkan headset kemudian di layar masih ada tanda headset tertancap. Padahal Anda ini telah mencabut benda tersebut. Kalau begini ceritanya berarti ada kesalahan sistem. Coba restart saja smartphonenya.

5.Speaker

Speaker bluetooth diaktifkan. Kasusnya hampir sama dengan sebelumnya. Solusi mengatasi yaitu lakukan disable dan ingat, jangan pernah mengaktifkan Ok google kemudian pastikan semuanya kembali normal dengan cara merestart HP.

6.Cache

Kebanyakan file sampah juga menyebabkan banyak masalah. Hapus cache secara manual atau bisa memakai aplikasi bantuan seperti clean master. Kemudian restart ponsel. Jika gagl maka Anda harus melakukan factory reset. Sebelumnya, jangan lupa lakukan back up data.

7. Hardware

Ini kasus paling serius karena Anda harus membongkar sendiri hardware smartphone. Lihatlah di bagian kuningan speaker. Apa yang menimpa dia? Jika patah atau geser itu menjadi masalah. Namun bila ternyata kuningannya masih tampak bagus maka masalahnya ada di speaker. Tak ada solusi lain selain mengganti speaker tersebut dengan yang baru.

Cara 1-6 bisa Anda lakukan sendiri. Namun jangan ngawur melakukan cara ketujuh jika Anda memang belum mempunyai pengalaman di bidang bongkar pasang smartphone. Langsung bawa saja ke tukang service terdekat. Semoga membantu.


EmoticonEmoticon