Monday, June 5, 2017

Pulihkan File Yang Sudah Dihapus dari Smartphone

Sedang asik-asiknya mengecek hasil hunting foto, eh malah tangan tidak sengaja memencet opsi delete. Terhapuslah perjuangan mendapat hasil bidikan kamera terbaik. Kalau Anda menggunakan smartphone apple, wassalam. Lupakan saja file foto tersebut  karena audio dan file jenis lain yang berada di HP yang sistem operasinya tertutup, sangat sulit dipulihkan. Jadi Anda malah harus bersyukur memakai android biasa dengan sistem operasi terbuka semacam windows. Walaupun harganya kalah bergengsi dengan OS Ios dan symbian, Anda masih bisa berbangga diri dengan beberapa kelebihan android yang sangat merakyat.

Cara pemulihan di bawah ini bisa diterapkan untuk jenis file lain, nanti tinggal disesuaikan. Namun untuk praktek kali ini, kita pakai contoh file foto karena kebanyakan orang bukan pebisnis tidak menyimpan banyak file selain foto, video dan audio sebagai sarana hiburan. Oke, langsung kita eksekusi tanpa harus melakukan proses root sama sekali.

Pulihkan File Yang Sudah Dihapus dari Smartphone

1.Aplikasi

Pertama, kita minta bantuan aplikasi pihak ketiga bernama photo recovery. Aplikasi ini bahkan bisa dijumpai dengan mudah dalam jajaran isi playstore. Install aplikasi tersebut di HP Anda kemudian open. Start recovery akan menampilkan data-data yang sudah Anda hapus namun hanya berupa file foto. Pilih saja foto yang mana tadi tidak sengaja terhapus. Klik dan pulihlah foto tersebut.

Kedua, aplikasi ini bernama restore image. Super easy restore image. Tinggal download, install, open. Masuklah ke folder tempat foto yang terhapus tadi berada. Tentukan foto mana saja yang ingin direstore kemudian klik ‘Restore Image’ yang kedudukannya ada di pojok kanan bawah. Selesai.

Ketiga, aplikasi pengembalian foto ini juga bisa ditemui di google playstore. Tinggal pilih saja foto yang terhapus tadi lalu kembalikan foto. Nanti otomatis foto tadi dikembalikan ke folder terakhir kali dia berada sebelum hilang.

2.Tanpa Aplikasi

Jika tadi Anda sudah tahu ada beberapa aplikasi yang dapat memulihkan file foto. Sekarang Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga. Catatannya, cara yang ini baru bisa dipakai kalau Anda sudah mengaktifkan pencadangan serta sinkronisasi akun google. Hal ini bisa dicek ketika pertama kali kita memasukkan akun google untuk smartphone. Jangan lupa pastikan sudah mencentang. Jadi kalau terjadi apa-apa dengan file yang terhapus, filenya masih ada di trash atau tempat sampah. File ini akan berada di situ sampai 60 hari sejak terhapus. Lewat dari itu Anda sudah tidak bisa lagi mengembalikan file foto kecuali Anda minta bantuan aplikasi tadi.
  1. Buka akun gmail yang terpasang di android
  2. Masuk ke google foto
  3. Di pojok kiri ada ‘trash’ yang artinya sampah. Klik di situ
  4. Lihat di sana ada file foto yang terhapus. Tap dan tahan foto-foto yang ingin dipulihkan
  5. Klik ‘pulihkan’
Sekarang Foto sudah kembali ke tempat semula

Tidak sulit kan? Jadi jangan panik dulu kalau tidak sengaja memencet tombol delete. Kalau punya cara rahasia yang lebih mudah silahkan jejakkan di kolom komentar.


EmoticonEmoticon