Sunday, June 4, 2017

Service Android Matot

Memiliki android memang sudah sangat enak dibandingkan HP-HP jadul apalagi yang belum touchscreen. Saking enaknya, sampai Anda keasikan bermain HP dibandingkan menyelesaikan pekerjaan lain. Kemudian tiba-tiba android kesayangan Anda tersebut secara tidak sengaja jatuh ke dalam kamar mandi ketika Anda membawanya ke dalam sana akibat sudah kecanduan android. Alhasil, android yang baru dibeli malah lumpuh total. Layarnya sama sekali tidak mau menampilkan reaksi apapun ketika tombol power dinyalakan. Karena baru beli, sayang sekali kalau langsung mencari yang baru lagi. Bisakah android mati total ini diservice supaya dapat bekerja seperti normalnya?
Service Android Matot

Android dalam kondisi mati total masih memiliki harapan kembali. Namun lupakan saja jika Anda ingin kembalinya seperti dulu sebelum jatuh ke dalam air error saat mengeces. Persentase berhasil service 50% saja sudah sangat bersyukur. Anda harus memahami bahwa kerusakan terparah yang menimpa android adalah matot alias mati total. Syukur-syukur masih bisa beroperasi, kalau tukang servicenya belum ahli ya tinggalkan saja. Mau tidak mau harus beli baru.

Service Android Matot


Kematian pada android banyak terjadi akibat serangan pada otaknya yang disebut IC. Kemungkinan lain, air memasuki bagian dalam android lalu membuat konslet antar komponen sampai terjadi putusnya arus listrik. Anda bisa membawanya ke tukang service. Usahakan yang memberi Anda garansi waktu pembelian saja karena tidak semua tukang service memiliki keahlian menservice HP matot. Iseng-iseng, bolehlah Anda coba cara di bawah ini.

1.Keringkan

HP android matot akibat terkena hujan atau terendam air biasanya jalur listriknya sudah putus. Untuk mengatasinya, coba lepaskan semua komponen di dalam android. Mulai SIM card, SD card, baterai, casing, layar. Anda harus tahu cara membongkarnya. Kalau tidak tahu lebih baik jangan dibongkar komponen rangkanya. Kemudian letakkan komponen-komponen tersebut di atas bahan yang cepat mengeringkan. Misalnya di atas beras selama 2-4 hari. Setelah itu nyalakan lagi. Ingat, jangan sekali-kali sembarangan memakai bahan elektronik supaya cepat kering semisal hair dryer. Yang ada nanti justru terjadi konslet semakin parah.

2.Service

Panjang urusannya kalau cara pertama gagal. Sekarang Anda membutuhkan bantuan alat service. Komponen utama servicenya adalah blower khusus rervise serta cairan fluk sebagai media memanaskan komponen android. Oke, sekarang mari kita service.
  1. Bongkar seluruh komponen HP dan sisakan papan pcb android Anda. Taruhlah di papan penjepit khusus pcb.
  2. Tuang cairan fluk tadi ke atas papan pcb secara merata.
  3. Blower tadi digunakan dalam jarak ideal. Anda bisa mengira-ngira sendiri sekiranya tidak terlalu jauh juga tidak kedekatan. Tujuannya, timah tadi meleleh dan IC bergoyang.
  4. Timah yang telah diblower harus dipastikan kering. Kalau sudah kering, Anda baru bisa memasang kembali komponen-komponen android. Memaksa pasang komponen dalam kondisi timah belum kering betul malah berpotensi komponen longgar. Sementara kelonggaran ini dapat membuat kerusakan baru.

Dua cara di atas biasanya sudah bisa mengembalikan HP. Jika masih gagal, serahkan saja pada ahlinya. Karena kita butuh alat-alat khusus untuk mendeteksi kerusakan utama ada di mana. HP matot memang sulit dikembalikan normal kecuali Anda bersedia membeli mesin HP baru yang harganya hanya terpaut tipis dengan android setipe yang masih gress.


EmoticonEmoticon