Thursday, June 8, 2017

Temukan Android Hilang Dengan Dua Cara Ala Google

Di zaman  seperti ini agaknya sulit menemukan orang jujur sekaligus hatinya terbuat dari emas. Siapa coba yang tidak tergiur membawa pulang smartphone terjatuh tanpa tuan. Hanya kemungkinan kecil saja kita akan menerima kembali smartphone yang tidak sengaja jatuh tadi dari si penemu. Itu pun kalau penemunya mau bersusah payah menemukan alamat Anda dan tidak bermain-main dulu dengan akun-akun sosial media milik Anda. Untuk mengantisipasi kejadian tidak menyenangkan seperti ini, Anda bisa melacak HP yang hilang dengan syarat Hpnya sudah berupa smartphone android. Mungkinkah? Simak caranya.

Temukan Android Hilang Dengan Dua Cara Ala Google

1.Android Device Manager

Biasa disingkat  ADM. Ini merupakan salah satu tool yang dikenal sangat mumpuni mencari jejak android hilang. Cara pengoperasiannya pun tergolong mudah. Anda tidak perlu mendownloadnya dari google playstore atau sumber lain. Android Device Manager sudah menjadi bekal dari android sejak HP tersebut resmi Anda miliki. Pihak google telah membuat kesepakatan dan instruksi kepada vendor manapun supaya mau menanamkan fitur ini di setiap produknya.
 Sayangnya, walaupun sudah dimiliki setiap pemilik android,  Anda harus memenuhi dulu kewajiban sebelum menuntut hak. Syarat pemenuhannya adalah sebagai berikut.

1.Android on dalam artian daya serta koneksi internet

2.Android Anda sudah dipasang gmail dan terhubung dengan akun-akun google

3.Sebelum Hpnya hilang Anda harus sudah mengizinkan ADM  punya hak memberitahu dimana letak android Anda. Biasanya sih sudah diatur pada mode on secara default dari pabriknya. Tapi Anda bisa memastikan hal ini melalui setelan google

4.Pencuri tidak melakukan factory reset

Setelah keempat syarat tersebut terpenuhi, sekarang  Anda perlu mengikuti langkah berikut:

  1. Pinjam smartphone teman atau bisa melalui PC jika ada. Pastikan ada google chrome di sana karena kita akan memakainya untuk mencari
  2. https://www.google.com/android/devicemanager. Link tersebut merupakan alamat ADM yang harus Anda masuki
  3. Sign in lah ke akun gmail Anda. Ingat, akun yang dimasukkan harus sama dengan akun yang ada pada android hilang. Kalau memakai akun lain prosesnya akan gagal
  4. ADM akan melakukan tracking secara otomatis. Apabila ADM diam saja tidak bekerja, Anda bisa menyentuh simbol pengaturan yang letaknya di pojok kanan atas kemudian pilihlah Locate Device.
  5. Jika berhasil sampai proses selesai, ADM akan memberitahu peta lokasi serta alamat lengkapnya ada di mana. Nah, bila Anda memasang akun gmail tersebut di banyak perangkat, Anda tinggal pilih saja device mana yang mau dicari
  6. Lock perangkat. Penguncian ini berguna mencegah tangan tidak diizinkan yang sembarangan mengutak-atik ponsel. Anda pasti diminta untuk membuat kata sandi baru supaya ponsel Anda terkunci aman. Anda pun dapat memberi pesan kepada pelaku pencurian supaya memberikan ponsel tersebut. Pesan tersebut akan ditampilkan di layar.
  7. Tombol Ring berguna untuk menderingkan ponsel pada saat Anda sedang melacak dan sudah berada dekat dengan lokasi. Ponsel akan berteriak maksimal. Jika ada orang tidak dikenal Hpnya berdering pada waktu Anda memencet tombol ring, silahkan tanyakan baik-baik dan lihat  apakah benar itu HP Anda atau bukan. 

2.Your Timeline

Selain android device manager, ada lagi fitur di android yang bisa menemukan kembali HP Anda. Your Timeline adalah nama baru bagi google maps location history. Lagi-lagi Anda bisa memantau keberadaan smartphone Anda melalui riwatnya. Bahkan Anda bisa tahu si pencuri tadi mengunjungi tempat hiburan mana saja saat membawa HP tersebut. Lagi-lagi bantuan dari google ini membutuhkan akses internet, akun google yang aktif di android, dan pastinya juga sudah mengaktifkan location reporting serta location history.

Bila belum, silahkan pergi dulu ke setelah google lalu baru mengikuti langkah berikut ini.

  • a.Pergi ke websitenya google maps location history
  • b.Lihat di sidebar kiri. Di sana ada riwayat lokasi mana saja yang dikunjungi HP Anda pada hari ini. Di sana merekam jelas nama lokasinya.
  • c.Lihat di sidebar kanan. Di situ ada peta lokasi serta jalur jika ingin menuju ke situ. Tandanya berwarna biru berupa garis.
  • d.Your Timeline ini beda dengan GPS. Anda bahkan dapat menemukan HP yang sudah dimatikan oleh pencuri supaya tidak ketahuan. Your Timeline bekerja memakai Cell ID serta pelacak lokasi wifi. Karena itulah dia memberikan data yang cenderung berubah banyak. 

Dengan aplikasi inilah mendatangi pelaku pencurian bukan lagi suatu keajaiban magis.

2  Cara tersebut merupakan ajaran yang diberikan oleh google. Mungkin di luar sana masih ada lagi yang belum diulas. Selamat berjumpa pada ulasan pencarian android berikutnya.


EmoticonEmoticon