Friday, July 7, 2017

‘Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti’ Bagaimana Memperbaikinya?

Android sekarang ini memang layar sentuh semua. Tapi bukan berarti semua perintah bisa dilakukan dengan tekhnologi menyentuh ikon atau mengirim pesan suara. Anda akan tetap membutuhkan keyboard untuk mengetikkan pesan atau memberi perintah pada android. Huruf, angka simbol, emoticon semuanya terdapat di papan keyboard, bukan bikinan pabrik yang langsung ada di menu home. Model papan ketik pada android pun bermacam-macam, umunya dua, yaitu model qwerty dan satunya ABC dengan ukuran 3x4.

Bagaimana Anda mau main sosial media dan chatting kalau pesan yang dikirim saja tidak bisa diketikkan, kecuali pesan suara atau mengambil pap berupa foto dan video. Namun Anda tetap tak bisa menambahkan keterangan penjelas apapun. Belum lagi kalau keadaan penerima pesan tidak bisa memutar voice note saat itu juga. Kerusakan keyboard ini bisa menimpa semua merk android. Pesan yang diberikan berbunyi ‘unfortunately android keyboard AOSP has stopped.’

‘Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti’ Bagaimana Memperbaikinya?

Anda tahu kan kalau keyboardnya rusak? 


Kabar baiknya, kerusakan pada keyboard android hanya perangkat lunaknya saja, Anda tidak perlu membawa android ke tukang service.

1.Cache Bisa Jadi Ancaman

Lagi-lagi cache menjadi ancaman bagi permasalahan apapun di android. Seperti beberapa force close lainnya, penyetopan kerja keyboard android pun bisa terjadi akibat banyaknya file cache. Jangan dikira keyboard tidak bisa membuat cache. Justru dia itu akan banyak membuat cache seiring seringnya dipakai dan dibuka. Lebih baik kalau masalahnya dengan keyboard, Anda membersihkan cache memakai aplikasi pembantu saja supaya bisa menyeluruh. Tapi kalau maunya manual karena memang belum install aplikasi tersebut, silahkan masuk ke bagian semua di aplikasi yang terdapat pada menu pengaturan. Carilah keyboard android AOSP lalu hapus cachenya.

2.Hapus Data Agar Lebih Segar

Keyboard pasti lebih segar kalau datanya dihapus, kembali ke 0. Jika keyboard Anda sudah dimodif seperti berwarna atau memunculkan gambar pribadi, emoticon lebih banyak bahkan bisa dipakai mengetik huruf hangul dan arab, maka Anda harus rela keyboard kembali seperti settingan default. Bukankah yang Anda cari fungsi keyboard? Bukan tampilannya?

Jika tadi Anda memilih hapus cache, di tempat yang sama Anda harus memilih nonaktifkan dan hapus data. Baru setelah itu aktifkan lagi keyboardnya. Tidak cukup sampai di situ, Anda masih harus mencari dictionary provider yang dalam bahasa Indonesia disebut kamus pengguna. Nonaktifkan dan hapus data baru aktifkan lagi keyboardnya.

3.Reset Pabrik Agar Kembali Normal

Tidak ada yang menyukai reset pabrik. Walaupun masalah papan keyboard ini bukan hal terlalu vital karena HP masih bisa beroperasi, tapi Anda terganggu kan? Dua cara di atas gagal, langkah terakhirnya ya reset pabrik. Back up dulu data-datanya ke laptop. Lalu masuklah ke menu setting ? buat cadangan dan setel ulang ? kembali ke pengaturan pabrik ? reset ulang telepon.
Pada saat praktek, hendaknya Anda melakukan step by step secara urut supaya tidak merugikan atau merepotkan. Pakai cara satu dulu, kalau gagal baru kedua dan terpaksa ketiga jika masalahnya belum selesai.
This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon